Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Kamis, 23 Desember 2021

Omicron Dominan di Amerika Serikat, 73% pada Kasus Baru

AS Mencatat 650.000 infeksi Omicron dalam sepekan.
Warga kota mengantre sepanjang blok untuk menerima alat tes cepat COVID-19 di rumah secara gratis di Philadelphia, hari Senin (20/12). (Foto: AP/Matt Rourke)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Varian Omicron telah melampaui varian lain dan sekarang menjadi versi dominan dari virus corona di Amerika Serikat, menyumbang 73% dari infeksi baru pekan lalu, pejabat kesehatan federal mengatakan Senin (20/12).

Angka-angka dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan peningkatan hampir enam kali lipat dalam jumlah infeksi Omicron hanya dalam satu pekan.

Di sebagian besar negara, bahkan lebih tinggi. Omicron bertanggung jawab atas sekitar 90% atau lebih infeksi baru di wilayah New York, Tenggara, Midwest industri dan Pacific Northwest. Angka nasional menunjukkan bahwa lebih dari 650.000 infeksi Omicron terjadi di AS pekan lalu.

Sejak akhir Juni, varian Delta telah menjadi versi utama yang menyebabkan infeksi di AS. Baru-baru ini pada akhir November, lebih dari 99,5% virus corona adalah delta, menurut data CDC.

Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky, mengatakan angka baru tersebut mencerminkan jenis pertumbuhan yang terlihat di negara lain. "Angka-angka ini mencolok, tetapi tidak mengejutkan," katanya.

Para ilmuwan di Afrika pertama kali memperingatkan tentang Omicron kurang dari sebulan yang lalu dan pada 26 November Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai “varian perhatian.” Sejak saat itu, mutan telah muncul di sekitar 90 negara.

Banyak tentang varian omicron masih belum diketahui, termasuk apakah itu menyebabkan penyakit yang kurang atau lebih parah. Studi awal menunjukkan bahwa yang divaksinasi akan memerlukan suntikan booster untuk peluang terbaik dalam mencegah infeksi Omicron, tetapi bahkan tanpa dosis tambahan, vaksinasi masih harus menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah dan kematian.

“Kita semua terhubung dengan Omicron,” kata Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins. “Jika Anda akan berinteraksi dengan masyarakat, jika Anda ingin memiliki jenis kehidupan apa pun, Omicron akan menjadi sesuatu yang Anda temui, dan cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan divaksinasi sepenuhnya.”

Adalja mengatakan dia tidak terkejut dengan data CDC yang menunjukkan Omicron menyalip Delta di AS, mengingat apa yang terlihat di Afrika Selatan, Inggris, dan Denmark. Dia memperkirakan penyebaran selama liburan, termasuk infeksi terobosan di antara yang divaksinasi dan komplikasi serius di antara yang tidak divaksinasi yang dapat membuat rumah sakit stres yang sudah terbebani oleh Delta.

Eric Topol, kepala Scripps Research Translational Institute, mengatakan negara-negara lain telah melihat pertumbuhan cepat Omicron, tetapi data AS menunjukkan “loncatan yang luar biasa dalam waktu yang begitu singkat.” Topol juga mengatakan tidak jelas seberapa banyak Omicron yang lebih ringan dibandingkan dengan varian lain.

“Itulah ketidakpastian besar sekarang,” kata Topol. “Kami harus mengandalkan banyak rawat inap dan banyak penyakit parah dari Omicron.”

Perkiraan CDC didasarkan pada ribuan spesimen virus corona yang dikumpulkan setiap pekan melalui laboratorium universitas dan komersial serta departemen kesehatan negara bagian dan lokal. Para ilmuwan menganalisis urutan genetik mereka untuk menentukan versi virus COVID-19 mana yang paling melimpah.

Pada hari Senin, CDC merevisi perkiraan untuk kasus Omicron untuk pekan yang berakhir 11 Desember, setelah menganalisis lebih banyak sampel. Sekitar 13% kasus sepekan itu berasal dari Omicron, bukan 3% yang dilaporkan sebelumnya. Pekan sebelumnya, Omicron hanya menyumbang 0,4% kasus.

Pejabat CDC mengatakan mereka belum memiliki perkiraan berapa banyak rawat inap atau kematian karena Omicron. Meskipun masih banyak infeksi baru yang disebabkan oleh varian Delta, "Saya mengantisipasi bahwa seiring waktu Delta itu akan dipadati oleh Omicron," kata Walensky. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home