Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:16 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Operasi Militer Kolombia Tewaskan Pemberontak Jelang Perundingan

Delegasi Tentara Pembabasan Nasional Kolombia (ELN) Pablo Beltran (kanan) berjabat tangan dengan kepala delegasi pemerintah Kolombia Mauricio Rodriguez (kiri) di kantor Kementerian Luar Negeri di Caracas, 10 Oktober 2016. "Delegasi pemerintah dan ELN memutuskan untuk menggelar pembicaraan pada 27 Oktober di Quito," ungkap pernyataan bersama kedua pihak. (Foto: AFP/Federico Parra)

BOGOTA, SATUHARAPAN.COM – Militer  Kolombia mengungkapkan pihaknya menewaskan seorang pemberontak ELN (Ejercito de Liberacion Nacional atau Tentara Pembebasan Kolombia) dan meringkus empat orang lainnya dalam operasi yang digelar hanya beberapa hari menjelang perundingan damai antara pemerintah dengan kelompok pemberontak sayap kiri tersebut, Senin (17/10).

Menurut pernyataan militer Kolombia, operasi militer digelar terhadap dinas ketertiban umum dan keuangan ELN di daerah Casanare. Para pemberontak yang berhasil ditangkap terdiri dari tiga komandan ELN dan salah satu di antaranya cedera.

Sementara itu, dalam operasi di daerah Choco, militer berhasil menumpas 24 pemberontak, menurut pernyataan Kementerian Pertahanan di Twitter.

Operasi militer berisiko mengancam perundingan damai yang dijadwalkan digelar di ibu kota Ekuador, Quito, pada 27 Oktober mendatang antara pemberontak dengan pemerintah Kolombia di bawah pimpinan Presiden Juan Manuel Santos.

Santos memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian sebelumnya pada bulan ini berkat kontribusinya dalam mengakhiri perang selama setengah abad terakhir di Kolombia. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home