Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:59 WIB | Jumat, 27 April 2018

Orang AS Membuang Banyak Makanan

Ilustrasi. Orang Amerika, membuang hampir setengah kilogram makanan per orang setiap hari, menurut sebuah penelitian baru.(Foto: fakefoodwatch.com)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Orang Amerika Serikat, membuang hampir setengah kilogram makanan per orang setiap hari, menurut sebuah penelitian baru.

Para peneliti dari Universitas Vermont mendapati,  bahwa antara 2007 dan 2014, orang Amerika membuang lebih dari 136.000 ton makanan setiap hari. Jumlah itu menurut para peneliti, setara dengan bahan pangan yang dihasilkan dari 12 juta hektar lebih lahan pertanian, atau tujuh persen dari semua lahan pertanian Amerika.

Temuan lain dari penelitian ini adalah, bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran, membuang lebih banyak makanan.

Studi menemukan, bahwa sayuran dan buah-buahan merupakan 39 persen dari sisa makanan yang dibuang. Produk susu, mentega dan keju 17 persen, sedangkan daging yang terbuang 14 persen .

"Diet berkualitas tinggi yang lebih banyak mengandalkan buah dan sayuran, merupakan bahan makanan yang lebih banyak terbuang," katapenulis, Meredith Niles, asisten profesor di Universitas Vermont.

“Makanan sehat itu penting dan mendatangkan banyak manfaat. Tetapi kita harus menyadari tentang pemborosan makanan.”

Pemborosan makanan bukan hanya masalah khas di Amerika. Menurut laporan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2015, sepertiga dari semua makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia "hilang atau terbuang."

Sebagian besar pembuangan makanan itu terjadi di negara maju, terutama Amerika Utara dan Eropa, menurut PBB, di Amerika Utara dan Eropa, orang membuang 95-115 kilogram makanan per tahun, dibandingkan dengan 6-11 kilogram di sub-Sahara Afrika dan Asia Selatan dan Tenggara.

PBB mengatakan, kunci untuk memberi makan populasi global adalah  “hentikan membuang banyak makanan yang sudah kita miliki.” (Voaindonesia.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home