Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 04:54 WIB | Minggu, 18 September 2022

Orang Kazakh-Xinjiang Bangun Perlawanan Terhadap China

Aktivis Kazakh kelahiran China, Bekzat Maxutkanuly, berpose untuk foto di sebuah restoran di Almaty, Kazakhstan pada 7 Juli 2022. Maxutkanuly mengatakan dia mendaftarkan orang-orang untuk sebuah partai politik yang direncanakan yang dia harap akan membantu mendemokratisasikan Kazakhstan dan menantang kebijakan Beijing di wilayah Xinjiang, China barat. Aktivisnya muncul ketika pemimpin China Xi Jinping mengunjungi Asia Tengah pekan ini, menopang hubungan dengan pemerintah di seluruh wilayah. (Foto: AP/Dake Kang)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Lima tahun lalu, Bekzat Maxutkanuly adalah seorang pedagang pakaian kecil-kecilan di Kazakhstan, dan tidak tertarik pada politik tetapi khawatir dengan gemuruh tindakan keras di perbatasan di wilayah Xinjiang China, tanah kelahirannya.

Sekarang, pekan ini, ketika tentara menyanyikan ke lagu kebangsaan menyambut pemimpin China, Xi Jinping, dalam kunjungan ke Kazakhstan, Maxutkanuly sedang bersiap untuk berkendara dari desa ke desa melintasi pedalaman yang luas di negaranya untuk mendaftarkan orang-orang ke partai politik yang akan menantang Beijing, bukan menyampaikan selamat datang.

“Saya tidak pernah memiliki rencana untuk terlibat dalam politik,” kataorang dari  etnis Kazakh kelahiran China berusia 46 tahun. “Tapi kemudian saya mulai menyadari situasi di Xinjiang adalah masalah besar, yang tidak akan reda dalam satu atau dua tahun.”

Kisah kebangkitan politiknya menggambarkan bagaimana tindakan keras China terhadap Uyghur dan kelompok Muslim lainnya di Xinjiang telah mengasingkan banyak orang di Asia Tengah, bahkan ketika Beijing memegang kekuasaan di antara pemerintahnya.

Ketika penangkapan di Xinjiang dimulai, ribuan orang Kazakh, Kirgistan, Uzbek, dan lainnya dari etnis Asia Tengah diculik oleh pihak berwenang bersama dengan orang Uyghur dan disapu ke dalam jaringan kamp dan penjara yang luas.

Di balik pintu tertutup, pemerintah Kazakhstan memohon kepada Beijing untuk membebaskan orang-orang Kazakh yang tersapu dalam tindakan keras itu. Tetapi di depan umum, mereka tidak mengatakan apa-apa dan abstain dari pemungutan suara di PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) tentang apakah akan mengutuk atau mendukung kebijakan China di Xinjiang.

China adalah investor utama dalam industri minyak dan gas Kazakhstan dan meminjamkan miliaran dolar untuk membangun rel kereta api dan jalan raya. Pekan ini, Presiden Kazakh, Kassym-Jomart Tokayev, bertemu Xi di landasan bandara ketika dia tiba dan mentraktirnya dalam jamuan makan kenegaraan yang mewah.

Maxutkanuly menyebut kunjungan itu "memalukan," mengingat perlakuan Xi terhadap etnis Kazakh. "Sekarang benar-benar bukan waktunya untuk dia berkunjung," katanya.

Mengungsi dari Xinjiang

Lahir dari petani di sebuah desa kecil yang sangat luas di Kazakh di perbatasan barat China, ia hidup sederhana tetapi diuji dengan baik, memberinya tempat di perguruan tinggi di ibu kota Xinjiang.

Di sana, katanya, dia diintimidasi tanpa henti karena bahasa Mandarinnya yang terputus-putus. Profesor, pejabat, dan teman sekelas mengkritiknya, membuatnya merasa seperti orang luar. Pada akhir 1990-an, keluarganya pindah ke Kazakhstan, meninggalkan negara yang mereka rasa tidak pernah benar-benar menyambut mereka.

Selama beberapa dekade, ia bekerja sebagai guru, lalu penerjemah, lalu pedagang. Kebangkitan politiknya dimulai lima tahun lalu, ketika teman dan kerabat di Xinjiang berhenti menelepon dan mengirim SMS. Dia merasa ada yang tidak beres.

Dia melihat pidato online oleh Serikzhan Bilash, seorang aktivis Kazakh kelahiran China yang berbicara tentang meningkatnya kebrutalan dan penahanan massal di wilayah tersebut.

Maxutkanuly bergabung dengan gerakan Bilash, sebuah organisasi tidak terdaftar bernama Atajurt. Dia mengorganisir petisi dan konferensi pers, menarik perhatian dunia, dan segera perhatian pemerintah juga.

Polisi yang menyamar membayangi pertemuan mereka. Tokoh-tokoh kunci dipanggil untuk dimintai keterangan. Pada 2019, petugas menangkap Bilash di kamar mandi hotel dan membawanya ke penjara. Belakangan tahun itu, Bilash melarikan diri dari negara itu dan menunjuk Maxutkanuly sebagai pemimpin baru Atajurt.

Perlu Partai Politik

Sekarang, setelah pemukulan, protes, dan lusinan polisi bentrok, Maxutkanuly ingin Atajurt membawa perubahan mendasar: Kazakhstan yang demokratis, di mana orang Kazakh kelahiran China dan lainnya akan bebas menyuarakan keprihatinan mereka.

Dia mengatakan perjuangan bertahun-tahun di bawah represi negara telah mengajarinya dan anggota lain dari kelompoknya bahwa kekuatan yang sebenarnya diperlukan untuk mendapatkan hasil. Karena itu, partai politik formal diperlukan, bukan hanya kelompok akar rumput, katanya.

“Pemerintah Kazakh membantu pemerintah China. Mereka mencoba menghalangi kita,” kata Maxutkanuly. “Untuk mencapai tujuan kami, kami perlu mengubah situasi politik di Kazakhstan terlebih dahulu.”

Peluang suksesnya tipis. Selama hampir tiga dekade, Kazakhstan diperintah oleh orang kuat era Uni Soviet. Penggantinya, mantan diplomat Uni Soviet di Beijing, terlihat tidak kurang condong ke arah demokrasi. Lawan politik dipantau, dilecehkan, dan terkadang diburu ke luar negeri.

Namun, Kazakhstan memupuk hubungan baik dengan Barat untuk menyeimbangkan kekuatan tetangganya, Rusia dan China. Di bagian dunia yang dihuni oleh penguasa brutal, para pemimpin Kazakhstan malah meniru Singapura yang teknokratis, menyisakan ruang untuk pengorganisasian dan masyarakat sipil.

Rencananya, kata Maxutkanuly, adalah untuk mendaftar 50.000 orang, 10 kali lebih banyak dari persyaratan minimum yang diamanatkan secara hukum yang diperlukan untuk mendaftarkan sebuah partai politik.

Ini akan sulit, mengharuskan dia untuk pergi dari pintu ke pintu untuk mendaftarkan orang tua jauh di pedesaan, beberapa di antara mereka buta huruf atau tidak memiliki ponsel.

Komunitas Kazakh kelahiran China terbelah dengan perpecahan, didorong oleh kecurigaan mata-mata dan ketakutan negara. Beberapa skeptis pada Maxutkanuly, bertanya-tanya apa motifnya dan seberapa jauh dia bisa menantang negara.

Namun, dia memiliki pendukung. Nurlan Kokteubai, mantan guru sekolah yang menghabiskan tujuh bulan di sebuah kamp di Xinjiang, bergabung dengan partai tersebut. Dia akan melakukan apa saja, katanya, untuk menarik lebih banyak perhatian pada penderitaan warga Kazakh kelahiran China.

“Pemerintah Kazakh tidak mendukung kami. Tokayev mendengarkan Xi,” kata Kokteubai, merujuk pada presiden Kazakh saat ini, Kassym-Jomart Tokayev. “Jika kamu tidak mengadakan pesta, kekuatan seperti apa yang kamu miliki? Lebih baik begini.”

Kazakhstan sedang mengalami gejolak. Protes pada bulan Januari berubah menjadi kekerasan setelah orang-orang preman masuk, menghancurkan mobil dan membakar bangunan. Pemerintah Kazakh mengundang pasukan Rusia untuk menumpas pemberontakan, dan ratusan orang tewas.

Maxutkanuly termasuk di antara mereka yang memprotes pada bulan Januari di sebuah pawai di ibu kota Kazakhstan. Dia mengatakan hidungnya dipukuli hingga berdarah oleh polisi dan dia menghabiskan malam di penjara.

Meski begitu, dia bertekad untuk terus maju. “Jika saya ditangkap, biarlah. Jika saya tidak mengatakan apa-apa, siapa yang akan membantu orang Kazakh di Xinjiang?” dia berkata. "Seseorang perlu berbicara." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home