Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 15:27 WIB | Senin, 29 Februari 2016

Oscar 2016, DiCaprio Akhirnya Jadi yang Terbaik

Leonardo DiCaprio akhirnya berhasil meraih Penghargaan Oscar pertamanya setelah lima kali masuk nominasi penghargaan tertinggi bagi pelaku industri perfilman Hollywood itu, dalam malam penyerahan penghargaan di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (28/2) malam waktu setempat atau Sabtu (29/2) pagi waktu Indonesia. (Foto: abc.net.au)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Seperti diduga banyak pihak, Leonardo DiCaprio akhirnya memenangkan Oscar pertamanya. Ia menggenggam Patung Oscar, penghargaan tertinggi bagi pelaku industri perfilman Hollywood itu, di malam penyerahan penghargaan di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (28/2) atau Senin (29/2) pagi.

Penghargaan kategori aktor terbaik untuk Leonardo DiCaprio memang telah diprediksi banyak pihak. Perannya sebagai Hugh Glass, korban serangan beruang yang dikhianati kelompoknya dalam film The Revenant, diklaim telah memberikan "penampilan fisik total".

DiCaprio mengungguli pesaing-pesaingnya, Matt Damon (The Martian), Michael Fassbender (Steve Jobs), dan Bryan Cranston untuk film Trumbo, serta Eddie Redmayne (The Danish Girl).

Suhu dingin beku adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi DiCaprio selama pembuatan film The Revenant, seperti dia katakan kepada Entertainment Weekly, setelah menerima Penghargaan Golden Globe penggal awal tahun ini untuk kategori aktor terbaik drama. Ia mengatakan tangannya sering terasa kebas.

The Revenant total meraih tiga penghargaan. Selain kategori aktor terbaik, juga meraih penghargaan kategori sinematografi terbaik untuk Emmanuel Lubezki dan sutradara terbaik untuk Alejandro Gonzales Innaritu. The Revenant gagal meraih penghargaan kategori film terbaik, dikalahkan Spotlight.

Lima Kali Masuk Nominasi Oscar

Leonardo DiCaprio, dilahirkan di Hollywood, Los Angeles, California, pada 11 November 1974, dengan nama Leonardo Wilhelm DiCaprio. Ia, seperti dikutip dari IMDb, anak tunggal pasangan Irmelin Indenbirken dan seniman komik George DiCaprio. DiCaprio berdarah Italia-Jerman dari pihak ayah, dan Jerman-Rusia dari pihak ibu.

Pencinta film mulai mengenalnya melalui serial komedi situasi Growing Pains (1985) dan film horor Critters 3 (1991). Ia termasuk aktor yang mampu berkarya meniti zaman. Jadi aktor pujaan pada 1990-an, ia mendapat peran utama dalam Romeo + Juliet (1996) dan kemudian Titanic (1997), yang benar-benar melambungkan namanya. Namanya pun jadi jaminan laris-tidaknya film. Ia acap tampil dalam film-film garapan sutradara Martin Scorsese dan Christopher Nolan.

Lima kali DiCaprio mencatatkan diri masuk nominasi Oscar, sebelum benar-benar meraih penghargaan dambaan aktor di seluruh dunia itu.

Tak jauh berbeda dengan apa yang ia ucapkan di ajang Penghargaan Golden Globe, ia menyatakan terima kasihnya kepada sutradara Alejandro Innaritu dan Tom Hardy, lawan main sekaligus teman akrab dalam keseharian.

Di luar kesibukan di film, DiCaprio aktif berkampanye untuk memerangi perubahan iklim.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home