Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:23 WIB | Senin, 29 Februari 2016

Oscar 2016, Film tentang Skandal Gereja Raih Gelar Terbaik

Pendukung film Spotlight, film terbaik di ajang Oscar 2016, yang mengisahkan kiprah jurnalis koran Boston Globe dalam mengungkap skandal pelecehan anak-anak di dalam gereja. (Foto: telegraph.co.uk)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Film Spotlight meraih Penghargaan Oscar kategori film terbaik dan juga skenario asli terbaik. Spotlight mengalahkan The Revenant, yang selama ini dijagokan, dan film komedi yang mengupas dunia keuangan The Big Short.

Penghargaan diberikan dalam malam penyerahan Penghargaan Oscar, atau resminya Academy Award, penghargaan tertinggi bagi pelaku industri perfilman di Amerika itu, di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (28/2) malam waktu setempat atau Senin (29/2) waktu Indonesia. Acara itu disiarkan langsung melalui jaringan televisi ABC.  

Film Spotlight, garapan sutradara Tom McCarthy, dengan skenario ditulis oleh Josh Singer dan Tom McCarthy, dibuat berdasarkan kisah nyata investigasi koran Boston Globe, yang melakukan penyelidikan mengenai dugaan  pelecehan anak oleh para pemimpin Gereja Katolik di kota tersebut, yang kemudian menjadi skandal yang diperbincangkan di seluruh dunia.

Sebelumnya, satu hari menjelang penyelenggaraan Oscar, di ajang Spirit Awards, seperti diberitakan voaindonesia.com pada 28 Februari, Spotlight mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik, sutradara, skenario terbaik, dan penghargaan khusus untuk para pemainnya. Film itu dibintangi Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, Liev Schreiber, John Slattery, dan Stanley Tucci.

Menang penghargaan untuk film terbaik, Tom McCarthy mengatakan gereja yang ditampilkan film tersebut harus menempuh jalan panjang untuk mengatasi dampak pelecehan tersebut terhadap korbannya.

"Kami belum melihat adanya tindakan. Ada banyak kata-kata tapi perlu ada tindakan," katanya dalam malam penyerahan penghargaan Spirit Awards yang berlangsung di Santa Monica.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home