Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:25 WIB | Senin, 26 April 2021

Oscar: Chloe Zhao, Sutradara Terbaik 2021

Dia perempuan kedua dan kulit berwarna pertama pemenang sutradara terbaik. Filmnya “Nomadland” menjadi film terbaik.
Sutradara / Produser, Chloe Zhao, pemenang penghargaan untuk film terbaik "Nomadland," berpose di ruang pers di Oscar pada hari Minggu (25/4), di Union Station di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzello, Pool)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Chloe Zhao telah membuat sejarah di Academy Awards 2021, menjadi wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan sebagai sutradara terbaik dan perempuan kedua yang memenangkan penghargaan itu.

Zhao memenangkan Oscar untuk penyutradaraan "Nomadland," bergabung dengan Kathryn Bigelow, yang menang pada tahun 2009 untuk "The Hurt Locker."

"Saya sangat beruntung bisa melakukan apa yang saya sukai untuk mencari nafkah," katanya di belakang panggung. “Kemenangan ini berarti lebih banyak orang bisa mewujudkan impian mereka. Saya sangat berterima kasih."

Ini adalah satu-satunya tahun dalam sejarah Oscar dalam 93 tahun dengan dua nominasi perempuan: Zhao dan sutradara "Promising Young Woman," Emerald Fennell. Hanya tujuh perempuan yang pernah dinominasikan.

 

Film Zhao, dibintangi oleh Frances McDormand, bercerita tentang seorang perempuan berusia 60-an dan pekerja lainnya di Amerika Barat. Film ini memenangkan film terbaik dan McDormand membawa pulang penghargaan sebagai aktris terbaik.

Sambil mengenakan kepang dan sepatu tenis putih, Zhao berterima kasih kepada seluruh pemain dan krunya. Dia menyebut proses pembuatan proyek sebagai "perjalanan sekali seumur hidup yang telah kita lakukan bersama."

Zhao memberi penghormatan kepada mereka yang menginspirasinya untuk "terus berjalan". “Ini untuk siapa saja yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri dan berpegang pada kebaikan satu sama lain, tidak peduli betapa sulitnya untuk melakukan itu,” katanya dalam pidato penerimaannya. "Ini adalah untuk Anda. Anda menginspirasi saya untuk terus maju. ”

Dia berbicara tentang bagaimana permainan yang dia mainkan dengan ayahnya menantangnya. “Akhir-akhir ini saya banyak berpikir tentang bagaimana saya terus maju ketika keadaan menjadi sulit,” katanya.

“Saya pikir itu kembali ke masa saya masih kecil, ketika saya tumbuh besar di China, ayah saya dan saya biasa memainkan permainan ini. Kami akan menghafal puisi dan teks China. Kami akan membacanya bersama-sama dan mencoba menyelesaikan kalimat masing-masing. "

Itu adalah Oscar pertama untuk Zhao yang berusia 39 tahun, yang lahir di Beijing dan kuliah dan sekolah film di Amerika Serikat. "Nomadland" adalah fitur ketiganya.

Zhao mengatakan dia juga terinspirasi oleh frasa yang berasal dari teks China "Tiga Karakter Klasik", yang katanya diterjemahkan menjadi "Orang saat lahir pada dasarnya baik." Dia mengatakan kalimat itu berdampak besar padanya sebagai seorang anak, karena dia masih berdiri teguh memegang kata-kata itu.

"Saya masih benar-benar mempercayai mereka hari ini, meskipun terkadang tampaknya kebalikannya benar," katanya. “Tapi saya selalu menemukan kebaikan pada orang yang saya temui, ke manapun saya pergi di dunia ini.”

Nominasi lainnya adalah Lee Isaac Chung untuk film "Minari", Thomas Vinterberg untuk "Another Round", dan David Fincher untuk "Mank". (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home