Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 10:16 WIB | Senin, 13 Januari 2014

Ospek, Tulis Artikel Wikipedia Saja

Ospek, Tulis Artikel Wikipedia Saja
Siska Doviana. (Foto dari wikipediocracy.com)
Ospek, Tulis Artikel Wikipedia Saja
Siska Doviana (kiri) dan Ivonne Kristiani, Sekretaris Jenderal Wikimedia Indonesia. Mereka berpose di depan alat digitalisasi buku untuk proyek Wkimedia lainnya, Wikibooks. (Foto: Bayu Probo)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Pengurus Wikimedia Indonesia, Siska Doviana mengusulkan sesuatu yang menarik. “Daripada menghabiskan energi dan anggaran untuk menyelenggarakan perploncoan yang disebut masa orientasi mahasiswa (Ospek)  di perguruan tinggi, saya mengusulkan Ospek ‘non-fisik’ yaitu pelatihan menulis artikel Wikipedia Bahasa Indonesia.”

Siska mengungkapkan itu pekan lalu pada satuharapan.com di  tempat di bilangan Jakarta yang disebut Markas Besar Wikimedia Media Indonesia. Usulan tersebut berangkat dari berbagai keprihatinan. Salah satunya, masa orientasi mahasiswa baru perguruan tinggi yang diwarnai kekerasan bahkan mengurbankan nyawa.

Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba dan merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia Wikipedia dan projek-projek wiki lainnya. Wikipedia, situs Ensiklopedia gratis terbesar di dunia juga menyediakan artikel-artikel bahasa Indonesia. Ditulis oleh para relawan.

Tidak seperti ensiklopedia lainnya, di Wikipedia para relawan penulis artikelnya tidaklah harus seorang pakar atau akademisi, meskipun ada juga beberapa. Siapa pun dapat menjadi penulis artikel.

Relawan tidak harus mendapatkan pelatihan formal sebelum membuat suatu artikel baru atau menyunting suatu artikel yang ada. Banyak orang yang membuat atau menyunting artikel di Wikipedia. Mereka berasal dari banyak negara di seluruh dunia, dari berbagai usia dan latar belakang.

Namun sejak artikel pertama Wikipedia bahasa Indonesia ditulis pada 30 Mei 2003, saat ini baru ada 328.125 artikel. Kalau dibandingkan dengan salah satu ensikopedia bahasa Indonesia, masih banyak topik yang belum dibahas. Siska menunjukkan kepada satuharapan.com perbandingannya. Jumlah artikelnya juga masih jauh dibandingkan dengan artikel berbahasa Inggris, lebih dari empat juta.

“Dan, kualitas artikel bahasa Indonesia pun sebagian besar masih belum valid,” kata Siska. Untuk itulah Wikimedia Indonesia mengembangkan projek-projek untuk mengembangkannya. Salah satunya dengan projek kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2014.

Kompetisi Menulis di Wikipedia ini digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi yang berlangsung selama 90 hari dirancang sebagai sarana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berbagai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia–dengan gaya ensiklopedia.

Pemenang akan menghadiri Wikimania 2014 di London, Inggris - Karya dan aktivitas para kompetitor kemudian akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari penulis sukarelawan Wikipedia Bahasa Indonesia senior. Kompetisi dimulai dengan pelatihan menulis dan ditutup dengan acara penganugerahan hadiah kepada pemenang. Beasiswa perjalanan mengikuti konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris. Wikimania adalah sebuah konferensi internasional untuk membahas kolaborasi pengembangan pengetahuan bebas baik dari sisi teknologi, gaya hidup, dan perluasan jaringan pribadi akan akses pada tokoh-tokoh dari seluruh dunia dengan misi yang sama.

Lalu bagaimana dengan Ospek menulis Wikipedia bahasa Indonesia? “Mahasiswa baru yang hendak ikut Ospek bisa memilih fisik atau non-fisik. Saya menduga, banyak mahasiswa perempuan akan memilih yang non-fisik,” kata Siska. Siska menekankan kontributor Wikipedia Indonesia didominasi laki-laki sehingga artikel-artikel yang berkaitan dengan kewanitaan, sangat kurang.

Bagaimana dengan pembiayaan? Siska memastikan Ospek menulis Wikipedia ini transparan dalam pembiayaannya. Semua laporan keuangan Wikimedia Indonesia, sedetail-detailnya dilaporkan di situs Wikimedia.or.id.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home