Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 16:44 WIB | Jumat, 07 Oktober 2016

Pabrik Mobil Ford Australia Tutup Pasca 91 Tahun Beroperasi

Logo Ford. (Foto: ford.com)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM - Ford Motor Co hari ini (7/10) secara resmi menghentikan operasi pabrik otomotifnya di Australia setelah beroperasi selama 91 tahun. Dua pabrik lainnya akan ditutup tahun depan.

Ford Australia mengatakan inilah untuk terakhir kali mereka memproduksi mobil enam silinder Falcon XR6 di pabrik Broadmeadows mereka di Melbourne. Sebanyak 600 karyawan kehilangan pekerjaan oleh kebijakan ini.

Dikatakan, sejak tahun 1960, mereka telah memproduksi 3,5 juta unit Falcons, mobil Australia yang paling populer meskipun hanya sedikit yang berhasil diekspor.

Meskipun demikian, mobil produksi mereka yang paling terkenal adalah  Ford Falcon Coupe 1973 XB GT yang dikendarai oleh Mel Gibson dalam filmnya tahun 1981, "The Road Warrior."

Unit Falcon terakhir akan dipamerkan di museum Ford Australia, kata CEO anak perusahaan Ford di Australia, Graeme Whickman, kepada wartawan di luar pabrik hari ini (7/10).

"Hari ini adalah hari yang emosional bagi seluruh tim Ford Australia," kata Whickman, sebagaimana dikatakannya kepada kantor berita AP.

"Kami mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa rekan yang telah melakukan banyak hal untuk Ford di Australia," katanya.

Pada tahun 2013, Ford, General Motors Co dan Toyota Motor Corp mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan operasi di Australia dan memberhentikan 6.600 pekerja karena biaya produksi yang tinggi, jauhnya jarak dari pasar ekspor potensial dan meningkatnya persaingan.

Meskipun demikian, Ford akan terus hadir dan beroperasi di Australia dengan menggeluti bisnis menjual dan mengimpor mobil ke Australia. Selain itu Ford Australia juga akan menerjuni desain mobil yang akan diproduksi di luar negeri.

Whickman mengatakan Ford akan menjadi perusahaan dengan karyawan terbanyak di industri otomotif Australia ketika Toyota dan anak usaha General Motors, GM Holden, menghentikan operasinya di 2017. V8 Holden Commodore dijual di Amerika Serikat sebagai Chevrolet SS.

Ford akan mempekerjakan 2.000 staf di Broadmeadows dan kota Lara dan Geelong di negara bagian Victoria. Ford pertama kali membuka jalur produksi di Australia di Geelong pada tahun 1925.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home