Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sotyati 19:56 WIB | Selasa, 26 April 2016

Pacing, Tanaman Obat Penting di India

Pacing yang memiliki nama ilmiah Costus spesiosus (J.Konig) Sm atau Cheilocostus speciosus (J.Konig) C.Specht. (Foto: itfgs.org)

SATUHARAPAN.COM –  Pacing, atau pacing tawar, selama ini lebih dikenal sebagai tanaman hias. Namun, begitu membuka mesin pencari dengan kata kunci “costus”, yang menonjol justru predikatnya sebagai tanaman obat. Ahli-ahli India menyebutnya sebagai tanaman obat paling penting.

Pacing yang memiliki nama ilmiah Cheilocostus speciosus (J.Konig) C.Specht, dengan nama sinonim yang lebih dikenal, Costus speciosus (J.Konig) Sm, tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini disebut wild ginger, spiral ginger, atau crepe ginger.

Pacing, seperti dikutip dari wikipedia.org, disebutkan sebagai tumbuhan asli Asia Tenggara dan wilayah sekitarnya, dari India hingga daratan Tiongkok, dan kemudian menyebar ke Queensland, Mauritius, Fiji, Hawaii, Kosta Rika, Belize, Melanesia, hingga Mikronesia, dan wilayah Hindia Barat.

Berdasarkan referensi HM Hembing Wijayakusuma, dan Setiawan Dalimartha dkk (1994), Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia, yang dikutip wikipedia.org, di Jawa, tumbuhan ini disebut pacing, tepung tawar, poncang-pancing, dan bunto. Di Sumatera, orang menyebutnya tabar-tabar, kelacim, setawar, tawar-tawar, tebu tawar, tubu-tubu, sitawar, tawa-tawa, dan totar.

Di Sulawesi, tumbuhan ini dinamakan lingkuwas, lincuas, palai batang, tampung tawara, galoba utan atau tepu tepung. Lain lagi di Maluku, orang menyebutnya muri-muri, tebe pusa, tehu lopu, uga-uga, dan tehe tepu.

Di India, seperti dikutip dari Pankaj Oudhia di hort.purdue.edu, tempat tanaman ini banyak dieksplorasi manfaat dan khasiatnya sebagai obat herbal, pacing memiliki banyak nama lokal. Di antaranya isebsab (Palauan), keu, kemuk, atau keumul (Bengali), keukand, keu, kust (Hindi), thebu (Sinhala), pakarmula (Gujarat), pushkarmula, penva, pinga (Marathi), kustha, kashmira, kemuka, shura, pushkarmula (Sanskrit), jom lakhuti (Assam), kostam (Tamil), changalkashta, chikke, karikattu (Canarese), narum canna, cannakkuvva, cannukkilannu (Malyalam).

Pacing merupakan tumbuhan tegak dengan tinggi 0,5 m – 3 m, dan menyukai tempat lembap dan teduh, di dataran rendah sampai ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut.

Batangnya berwarna kuning kecokelatan, sebesar jari orang dewasa dan banyak mengandung air, mudah dipatahkan. Daunnya berwarna hijau, tunggal, tangkainya pendek dan berhelai memanjang sampai bentuk lanset. Bagian bawah daunnya lembut.

Bunganya tersusun dalam bongkol, berwarna merah. Bila mekar, mengutip dari wikipedia.org, daun mahkota yang membentuk bibir berwarna putih dan bergaris kuning di tengah tersembul ke luar menonjol.

Buahnya bulat memanjang, merah, berbiji hitam. Tumbuhan ini mudah diperbanyak dengan biji, dengan cara stek akar rimpang atau stek batang.

Manfaat dan Khasiat Pacing

Pacing dibudidayakan di India untuk keperluan bahan obat. Tumbuhan ini juga lazim ditanam sebagai tanaman hias. Namun, sifatnya yang mudah tumbuh, menyebabkan pacing juga dicap sebagai tumbuhan pengganggu.

Umbi pacing banyak mengandung pati dan serat, di samping itu juga terdapat senyawa racun saponin dan sedikit minyak atsiri.

Secara tradisional, akar rimpang pacing yang pahit dipakai dalam ramuan jamu untuk obat demam dan kejang. Rimpang pacing dalam tradisi pengobatan Ayurveda, seperti dikutip dari hort.purdue.edu, juga dimanfaatkan sebagai obat asma, bronkhitis, hingga anemia.

Daun dan cabangnya secara tradisional digunakan untuk cuci rambut.

Buku Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia menyebutkan pacing tawar dapat diolah untuk mengobati bengkak pada sakit ginjal (nephtiric edema), perut busung, infeksi saluran kemih (tractus urinarius), serta pengerutan hati (chirosis).

CJ Soegihardjo dan Koensoemardiyah, dalam karya ilmiah "Produksi Diosgenin dengan Sistem Sel Amobil dari Costus speciosus smith", yang dimuat dalam Majalah Farmasi Indonesia, 2005, menyebutkan dari biji pacing dapat diproduksi diosgenin dengan sistem amobil sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas industri obat-obatan.

Diosgenin adalah sejenis sejenis steroid yang digunakan untuk menghasilkan hormon progesteron. Selain memiliki efek farmakologis sebagai pereda sakit perut, juga anti peradangan, anti diabetes, analgesik, hingga antikolesterol. Selain biji, rimpang pacing, seperti dibaca di hort.purdue.edu, juga memiliki kandungan senyawa diosgenin dan tigogenin.

Potensi jenis-jenis Costus sebagai sumber diosgenin, pernah diungkapkan I Lubis dan Setijati Sastrapradja dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), seperti dikutip dari e-journal.biologi.lipi.go.id, dalam ulang tahun Kebun Raya Indonesia pada 1984.

Costus speciosus (Koen.) J.E. Smith (pacing) dan beberapa jenis Costus lain seperti Costus rumphianus Valet., Costus spimlis Rose, dan Costus villocissimus Jacq, yang banyak terdapat di Indonesia, mengandung 0,8 sampai 2,9 persen diosgenin pada rimpangnya, sedang pada biji Costus speciosus terdapat 3.1 sampai 3.6 persen diosgenin. Pertumbuhan yang cepat dan biomassanya yang tinggi, merupakan sifat-sifat yang mendukung pemanfaatan Costus ini sebagai penghasil diosgenin. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home