Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:01 WIB | Rabu, 13 Mei 2020

Pakar AS Peringatkan Risiko Melonggarkan Penguncian

Pakar Penyakit Menular AS, Anthony Fauci. (Foto: dok. Ist)

WSHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pakar penyakit menular di pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peringatan bahwa kota dan negara bagian dapat menghadapi lebih banyak kasus kematian akibat COVID-19 dan kemerosotan ekonomi, jika mereka terlalu cepat mencabut pesan tinggal di rumah.

Namun hal itu berbeda dengan Presiden AS, Donald Trump, yang justru mendorong perbaikan ekonomi yang jatuh akibat pandemi. “Ada risiko nyata bahwa Anda akan memicu wabah yang mungkin tidak dapat Anda kendalikan,'' kata Dr. Anthony Fauci, memperingatkan komite Senat dan negara itu pada hari Selasa (12/5), karena lebih dari 24 negara bagian telah mulai mencabut penguncian mereka.

Ketegangan dalam menyeimbangkan antara keselamatan manusia dari virus dan kejatuhan ekonomi yang parah juga terjadi di banyak negara lain. Italia mencabut sebagian pembatasan pekan lalu, kemudian menghadapi lonjakan besar kasus virus corona yang dikonfirmasi di wilayah yang paling terpukul. Pakistan juga melaporkan 2.000 infeksi baru dalam satu hari untuk pertama kalinya setelah melonggarkan penguncian dan menghadapi masalah kerumunan orang yang berdesakan di pasar di seluruh negeri.

Selandia Baru

Di seluruh dunia, virus ini telah menginfeksi lebih dari 4,2 juta orang dan membunuh lebih dari 291.000 orang, di mana 82.000 kematian terjadi di AS saja, korban tertinggi di dunia. Dan para ahli mengatakan angka aktual kemungkinan jauh lebih tinggi.

Kemajuan sedang dibuat di banyak tempat, termasuk di Selandia Baru, yang melaporkan tidak ada kasus baru pada hari Rabu (13/5). Itu adalah hari kedua berturut-turut tanpa ada kasus dan hari keempat sejak awal pekan lalu.

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield, mengatakan itu adalah berita yang menggembirakan ketika Selandia Baru bersiap untuk meringankan banyak pembatasan pada hari Kamis (14/5). Sebagian besar bisnis, termasuk mal, toko ritel, dan restoran akan dapat dibuka kembali. Aturan jarak sosial akan tetap ada dan pertemuan akan dibatasi hingga 10 orang. “Perasaan antisipasi adalah jelas dan dapat dipahami,” kata Bloomfield.

Pihak berwenang di Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu (13/5) bahwa mereka tidak memiliki rencana segera untuk menerapkan kembali aturan jarak sosial yang ketat meskipun lonjakan dalam kasus terinfeksi virus corona yang terkait dengan klub malam di Seoul.

Apakah Masyarakat Siap

Dalam kesaksiannya di Senat, Fauci mengatakan lebih banyak infeksi dan kematian tidak bisa dihindari ketika orang-orang mulai berkumpul lagi, tetapi seberapa siap masyarakat untuk membasmi penyebaran itu akan menentukan seberapa buruk pandemi itu. "Tidak ada keraguan, bahkan dalam keadaan terbaik, ketika Anda menarik kembali mitigasi Anda akan melihat beberapa kasus muncul," kata Fauci.

Bergerak terlalu cepat, konsekuensinya bisa sangat serius, tambahnya. Itu tidak hanya akan menyebabkan penderitaan dan kematian yang bisa dihindari, tetapi bahkan dapat membuat kembali ke jalan untuk mencoba mendapatkan pemulihan ekonomi.

Dengan lebih dari 30 juta orang menganggur di AS, Trump telah menekan negara-negara untuk membuka kembali kegiatan ekonomi.

Menurut tinjauan Associated Press baru-baru ini menemukan bahwa 17 negara bagian tidak memenuhi tolok ukur utama Gedung Putih untuk melonggarkan pembatasan, selama 14 hari penurunan kasus baru atau hasil tes positif. Namun banyak negara bagian tersebut telah mulai membuka kembali penguncian, termasuk Alabama, Kentucky, Maine, Mississippi, Missouri, Nebraska, Ohio, Oklahoma, Tennessee, dan Utah.

Dari 33 negara bagian yang memiliki penurunan kasus dalam 14 hari, 25 membuka kembali, menurut analisis AP. Negara bagian lain yang belum melihat penurunan dalam 14 hari tetap ditutup, meskipun telah memenuhi beberapa tolok ukur yang lain.

Perlu 1,3 Juta Tes Per Hari

Fauci menyatakan optimisme bahwa pada akhirnya vaksin akan didapat, bersama dengan perawatan, selain satu obat yang sejauh ini telah menunjukkan efek sederhana dalam memerangi COVID-19. Tapi itu akan menjadi "jembatan yang terlalu jauh" untuk mengharapkan itu terjadi pada musim gugur, ketika sekolah dibuka kembali, katanya.

Meskipun Trump menyatakan pekan ini bahwa "kami telah bertemu saat ini, dan kami telah menang" dalam meningkatkan pengujian virus, senator dari partai Republik pada panel terlihat kurang optimis.

Kurangnya pengujian telah menghambat respons AS dari awal, ketika tes yang dikembangkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengalami banyak masalah.

Senator Mitt Romney mengatakan AS mungkin akhirnya telah melampaui pemimpin pengujian Korea Selatan tetapi negara itu memiliki kematian jauh lebih sedikit karena mulai menguji lebih awal. "Saya tidak menemukan catatan pengujian untuk merayakan apa pun," kata Romney, seorang Republikan dari Utah.

Administrasi Trump “menguji czar,” kata Laksamana Brett Giroir, dan menambahkan bahwa AS dapat melakukan setidaknya 40 juta hingga 50 juta tes per bulan pada bulan September. Itu akan berarti antara 1,3 juta dan 1,7 juta tes per hari. Peneliti Harvard telah mengatakan bahwa AS harus melakukan pada 900.000 orang, agar dapat membuka kembali dengan aman. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home