Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:30 WIB | Jumat, 31 Januari 2020

Pakar Mikrobiologi Sebut Iklim Tropis Indonesia Buat Virus Corona Inaktif

Ilustrasi. Penanganan seseorang yang terpapar virus corona. Pakar mikrobiologi sebut iklim tropis Indonesia buat virus corona inaktif. (Foto: dw.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Hingga saat ini Indonesia masih steril dari wabah virus corona. Ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), menyebut iklim tropis membuat virus corona menjadi inaktif.

Sampai saat ini Indonesia masih bersih dari infeksi virus corona (2019-nCoV). Sebagian orang mengatakan virus corona tidak akan tahan di lingkungan yang panas.

Diketahui menurut data dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) suhu rata-rata di Indonesia paling tinggi adalah 35-37 derajat celsius.

Ahli mikrobiologi, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr R Fera Ibrahim MSc SpMK(K) PhD, pun membenarkan virus akan mudah mati bila terkena panas.

"Pengaruh iklim tropis, karena sinar matahari itu membantu juga kita untuk inaktifkan virus," kata dr Fera, pada Kamis (30/1).

Menurutnya dalam pengalaman wabah virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) terdahulu, masyarakat Indonesia juga tidak ada yang sampai terinfeksi.

"Berdasarkan yang sudah diteliti, sinar matahari itu mampu meinaktifkan virus," kata dr Fera.

"Jadi kalau virusnya yang terpercik (batuk atau bersin) itu terkena sinar matahari, dia bisa inaktif. Tidak akan menginfeksi manusia, tapi tetap pola hidup sehatnya harus bagus," katanya.

Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Wabah virus corona 2019-nCoV memang sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk ke negara tetangga Singapura dan Malaysia. Selain Indonesia, Filipina sampai saat ini juga masih 'steril' dari virus tersebut. Belum ada kasus yang terkonfirmasi positif sejauh ini.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Bambang Wibowo SpOG(K), berpendapat hal ini juga dipengaruhi pola hidup sehat serta doa.

"Makanya kita doa itu penting, menjaga perilaku hidup sehat, kemudian doa lagi. Kalau ada apa-apa segera periksa, dan jangan percaya sama informasi yang tidak benar," kata dr Bambang.

Wakil Ketua DPR Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena juga mengakui penanganan dan pencegahan virus corona di Indonesia sudah jauh lebih baik dari wabah penyakit sebelumnya.

"Di semua titik masuk negeri ini, itu dalam pengendalian Kemenkes dan pihak yang terkait. Keluar masuk Wuhan pun sudah dikontrol," katanya.

"Dukungan dari pihak TNI juga sudah sangat membantu. Saya kira ini penanganannya kali ini jauh lebih baik dari SARS dan sebagainya," katanya.(dw.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home