Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:55 WIB | Kamis, 25 Maret 2021

Pakar Politik UI, Arbi Sanit, Meninggal Dunia dalam Usia 82 Tahun

Almarhum Arbi Sanit. (Foto: dok. Ist.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pakar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Arbi Sanit, meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada hari Kamis (25/3) pagi karena penyakit yang diderita pad organ jantung dan liver.

Dia sempat menjalani perawatan di ruang intensif ICCU Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM),  Jakarta sejak hari Rabu (24/3).

Arbi Sanit, dosen senior Ilmu Politik di UI dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Dia lahir di Painan, Sumatera Barat pada  4 Juni 1939.

Arbi Sanit telah menerbitkan beberapa buku yang menjadi pedoman bagi banyak mahasiswa Ilmu Politik di Indonesia. Buku-buku yang ia tulis, di antaranya Sistem Politik Indonesia (1981); Perwakilan Politik di Indonesia (1985); dan Partai, Pemilu, dan Demokrasi (1997).

Ia merupakan alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia tahun 1969. Arbi Sanit sempat mengambil program tanpa gelar di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat pada 1973-1974.

Arbi Sanit dikenal cukup tajam dan netral dalam melihat situasi politik di Indonesia, dan sejumlah koleganya menyebutnya dia member perhatian besar pada kelompok pinggiran. Dia juga dikernal memiliki pendirian yang teguh tentang kemerdekaan akademis.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home