Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Minggu, 09 Januari 2022

Pakistan: 22 Tewas di Mobil Akibat Terjebak Salju Tebal

Foto dari Hubungan Masyarakat Antar Layanan: orang-orang berjalan melewati kendaraan yang terjebak di daerah yang dilanda hujan salju lebat di Murree, sekitar 45 kilometer sebelah utara ibu kota Islamabad, Pakistan, Sabtu, 8 Januari 2022. Suhu turun hingga minus 8 derajat Celcius (17,6 Fahrenheit) di tengah hujan salju lebat di kota resor pegunungan Murree di Pakistan semalam, menewaskan banyak orang yang terjebak di kendaraan mereka, kata para pejabat Sabtu. (Humas Antar Layanan via AP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 22 orang, termasuk 10 anak-anak, tewas di kota resor pegunungan yang populer di Pakistan setelah terjebak dalam kendaraan mereka semalaman saat badai salju hebat terjadi saat suhu turun, kata para pejabat hari Sabtu (8/1).

Sebagian besar korban meninggal karena hipotermia, kata para pejabat. Di antara mereka adalah seorang perwira polisi Islamabad dan tujuh anggota keluarganya, kata rekan polisi, Atiq Ahmed.

Lebih dari empat kaki (satu meter) salju tebal di daerah resor Murree Hills pada hari Jumat (7/1) malam dan Sabtu (8/1) pagi, menjebak ribuan mobil di jalan raya, kata Menteri Dalam Negeri Sheikh Rashid Ahmed.

Salju begitu parah sehingga alat berat yang dibawa untuk membersihkannya awalnya macet pada malam hari, kata Umar Maqbool, asisten komisaris untuk kota Murree. Suhu turun hingga minus delapan derajat Celcius (17,6 derajat Fahrenheit).

Para pejabat memanggil pasukan paramiliter dan unit gunung militer khusus untuk membantu. Pada Sabtu malam, ribuan kendaraan telah ditarik dari salju tetapi lebih dari seribu masih terjebak, kata Ahmed.

Sebagian besar jalan menuju resor di daerah itu dibersihkan dari salju pada Sabtu malam, dan pasukan militer bekerja untuk membersihkan sisanya, kata Maqbool. Militer juga mengubah sekolah-sekolah yang dikelola tentara menjadi kamp-kamp bantuan di mana mereka menyediakan tempat berteduh dan makanan bagi para turis yang telah diselamatkan.

Pejabat darurat membagikan makanan dan selimut kepada orang-orang saat mereka terjebak di dalam kendaraan yang tertutup salju, tetapi banyak yang meninggal karena hipotermia.

Orang lain mungkin meninggal karena keracunan karbon monoksida setelah menjalankan pemanas mobil mereka untuk waktu yang lama, kata dokter layanan penyelamatan Abdur Rehman. Hingga Sabtu malam, korban tewas termasuk 10 pria, 10 anak-anak dan dua perempuan, kata Rehman.

Dalam satu contoh, seorang suami dan istri dan dua anak mereka semua meninggal di dalam mobil mereka. Di tempat lain, empat teman muda meninggal bersama, katanya.

Terletak 28 mil (46 kilometer) di utara ibu kota Islamabad, Murree adalah kota resor musim dingin populer yang menarik lebih dari satu juta turis setiap tahunnya. Jalan-jalan menuju kota sering terhalang oleh salju di musim dingin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home