Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 07:03 WIB | Sabtu, 10 Oktober 2020

Pakistan Blokir TikTok, karena Gagal Menyaring Konten Tidak Bermoral

TikTok. (Foto: dok. Ist.)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Regulator telekomunikasi Pakistan memblokir aplikasi TikTok pada hari Jumat (9/10), karena gagal menyaring konten "tidak bermoral dan tidak senonoh." Ini menjadi pukulan lain terhadap aplikasi media sosial itu yang semakin diawasi karena popularitasnya melonjak di seluruh dunia.

Larangan itu muncul karena "keluhan dari berbagai segmen masyarakat terhadap konten tidak bermoral dan tidak senonoh di aplikasi berbagi video," kata Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA).

PTA mengatakan akan meninjau larangannya, dan menuntut mekanisme yang memuaskan oleh TikTok untuk memoderasi konten yang melanggar hukum. Namun pihak TikTok mengatakan pihaknya “berkomitmen untuk mengikuti hukum di pasar tempat aplikasi ditawarkan.

“Kami telah berkomunikasi secara rutin dengan PTA dan terus bekerja dengan mereka. Kami berharap dapat mencapai kesimpulan yang membantu kami terus melayani komunitas online yang dinamis dan kreatif di negara ini, "katanya.

TikTok, milik ByteDance yang berbasis di China, telah menjadi sangat populer dalam waktu singkat, dengan mendorong pengguna muda untuk memposting video singkat. Peningkatan pesatnya telah menghadapi masalah di mana sejumlah negara meningkatkan kekhawatiran keamanan dan privasi atas hubungannya dengan China.

Pada bulan Juni, aplikasi itu diblokir di India, yang saat itu merupakan pasar terbesar, karena alasan masalah keamanan nasional pada saat sengketa perbatasan dengan China. Secara terpisah, ia menghadapi ancaman larangan di Amerika Serikat, dan pengawasan di negara lain termasuk Australia.

Peringatan Sebelumnya

TikTok telah lama membantah bahwa hubungannya dengan China menimbulkan masalah keamanan di negara lain.

Tiga pejabat Pakistan sebelumnya mengatakan bahwa pelarangan aplikasi di Pakistan sudah dekat. "Kami telah meminta mereka berulang kali untuk menerapkan mekanisme yang efektif untuk memblokir konten yang tidak bermoral dan tidak senonoh," kata salah satu pejabat tinggi yang terlibat langsung dalam keputusan tersebut. “Namun, platform tersebut belum dapat sepenuhnya memuaskan pihak berwenang Pakistan.”

Pakistan yang mayoritas penduduknya Muslim memiliki peraturan media yang mematuhi kebiasaan sosial konservatif. Pada bulan Juli, regulator telekomunikasi mengeluarkan "peringatan terakhir" kepada TikTok atas konten yang provokatif.

Keputusan itu diambil setelah Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, menaruh perhatian besar pada masalah tersebut, kata seorang pejabat kedua Pakistan, menambahkan bahwa Khan telah mengarahkan otoritas telekomunikasi untuk melakukan semua upaya untuk memblokir konten vulgar.

Usama Khilji, direktur Bolo Bhi, sebuah kelompok Pakistan yang mengadvokasi hak-hak pengguna internet, mengatakan keputusan itu merusak impian pemerintah tentang Pakistan digital.

“Pemerintah yang memblokir aplikasi hiburan yang digunakan oleh jutaan orang, dan menjadi sumber pendapatan bagi ribuan pembuat konten, terutama yang berasal dari kota dan desa kecil, adalah parodi terhadap norma demokrasi dan hak-hak fundamental yang dijamin oleh konstitusi,” Kata Khilji. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home