Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:32 WIB | Sabtu, 26 Maret 2016

Pakistan-Iran Tingkatkan Kerja Sama Dagang dan Keamanan

Presiden Iran Hassan Rouhani (kiri) dan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif. (Foto: livemint.com)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM - Presiden Iran Hassan Rouhani tiba di Islamabad hari Jumat (25/3) dan mengadakan pembicaraan luas dengan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

Dalam pembicaraan dengan para pemimpin di negara tetangganya, Hassan Rouhani berjanji akan meningkatkan perdagangan, keamanan dan kerjasama energi antara kedua negara setelah dicabutnya sanksi-sanksi ekonomi internasional terhadap Iran.

Kedua pemimpin berbicara sebentar dengan wartawan setelah pertemuan itu dan mengumumkan penandatanganan beberapa MoU untuk meningkatkan lebih jauh kerja sama bilateral dalam bidang ekonomi dan social, termasuk pembangunan pipa gas.

“Hubungan ekonomi kita terganggu karena sanksi-sanksi yang diberlakukan terhadap Iran. Dalam pembicaraan hari ini kami menekankan kembali tekad kita untuk meningkatkan kerjasama bilateral di berbagai bidang termasuk perdagangan, ekonomi dan energy,” Sharif mengatakan.

Ia menambahkan kedua pihak juga memutuskan untuk membuka dua pos perbatasan baru untuk memudahkan kegiatan perdagangan dan kontak antar rakyat Pakistan dan Iran.

Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi setelah ulama Syiah eksekusi oleh Arab merupakan masalah penting yang akan dibahas. Sharif telah memainkan peran untuk meredakan ketegangan kedua negara. Para pejabat mengatakan bahwa situasi Afghanistan juga akan dibahas. (voa/dnaindia)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home