Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:35 WIB | Minggu, 22 Mei 2022

Palang Merah Mendata Ratusan Tentara Ukraina Yang Ditawan Rusia

Palang Merah Mendata Ratusan Tentara Ukraina Yang Ditawan Rusia
Foto yang diambil dari video yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu, 18 Mei 2022, menunjukkan prajurit Ukraina saat mereka meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol, Ukraina. (Foto-foto: Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)
Palang Merah Mendata Ratusan Tentara Ukraina Yang Ditawan Rusia
Seorang prajurit Rusia menggeledah seorang tentara Ukraina setelah ia meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol, Ukraina.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Palang Merah internasional mengatakan bahwa pihaknya telah mendaftar "ratusan" tawanan perang Ukraina yang meninggalkan pabrik baja Azovstal di Mariupol.

Komite Palang Merah Internasional, hari Kamis (19/5)  mengatakan pendaftaran tawanan perang Ukraina, termasuk pejuang yang terluka, dimulai hari Selasa (16/5) di bawah kesepakatan antara Rusia dan Ukraina.

Dikatakan bahwa sebuah tim dari badan kemanusiaan yang berbasis di Jenewa, yang memiliki pengalaman dalam berurusan dengan tawanan perang dan pertukaran tawanan, tidak mengangkut ke "tempat-tempat di mana mereka ditahan" yang tidak ditentukan.

Palang Merah mengutip aturan di bawah Konvensi Jenewa yang harus memungkinkan organisasi untuk mewawancarai tawanan perang "tanpa saksi" dan bahwa kunjungan dengan mereka tidak boleh "terlalu dibatasi."

Organisasi itu tidak merinci berapa banyak tawanan perang yang terlibat.

Rusia sebelumnya mengatakan 959 tentara Ukraina telah meninggalkan benteng pabrik baja Asovstal sejak hari Senin, dan sementara Denis Pushilin, kepala Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri, tidak memberikan angka spesifik, dia mengatakan itu lebih dari setengah kekuatan di dalam kompleks pabrik.

Itu kira-kira sesuai dengan perkiraan Rusia sebelumnya bahwa mereka telah memerangi sekitar 2.000 tentara di pabrik yang berlokasi di tepi sungai.

Tentang tentara Ukraina yang menyerah, Pushilin mengatakan bahwa tentara Ukraina yang membutuhkan bantuan medis dirawat di rumah sakit, sementara yang lain ditempatkan di fasilitas penahanan. Dia juga mengklaim bahwa perwakilan Palang Merah diizinkan untuk memeriksa fasilitas penahanan, tetapi itu tidak dapat segera diverifikasi.

Belum Mungkin Gencatan Senjata

Terlepas dari kemunduran di Mariupol, kepercayaan Ukraina telah tumbuh setelah memerangi serangan Rusia hingga terhenti secara efektif dan memaksa Moskow untuk menarik diri dari sekitar Kiev dan mempersempit tujuan militernya.

Mykhailo Podolyak, seorang penasihat Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang terlibat dalam beberapa putaran pembicaraan dengan Rusia, mengatakan pada hari Kamis (19/5) dalam sebuah tweet bahwa pada tahap ini “jangan menawarkan kami gencatan senjata, ini tidak mungkin tanpa penarikan total pasukan Rusia.”

“Sampai Rusia siap untuk sepenuhnya membebaskan wilayah yang diduduki, tim perunding kami adalah senjata, sanksi, dan uang,” cuitnya.

Militer Ukraina mengatakan dalam briefing pagi hari Kamis bahwa pasukan Rusia masih menekan serangan mereka di berbagai bagian front di timur, tetapi berhasil dipukul mundur.

Militer Ukraina tidak menyebutkan Mariupol dalam briefing hari Kamis (19/5) pagi, hanya mengatakan bahwa pasukan Rusia masih menekan serangan mereka di berbagai bagian front di timur, tetapi berhasil dipukul mundur.

Para pejuang Ukraina yang keluar dari reruntuhan pabrik baja Azovstal setelah diperintahkan oleh militer mereka untuk meninggalkan benteng perlawanan terakhir di kota pelabuhan yang sekarang diratakan itu menghadapi nasib yang tidak pasti. Beberapa dibawa oleh Rusia ke bekas koloni hukuman di wilayah yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Moskow.

Sementara Ukraina mengatakan mereka berharap untuk mendapatkan kembali tentara dalam pertukaran tahanan, Rusia mengancam akan mengadili beberapa dari mereka karena kejahatan perang.

Dalam pengadilan kejahatan perang pertama yang diadakan oleh Ukraina, seorang tentara Rusia yang ditangkap mengaku bersalah pada hari Rabu (18/5) karena membunuh seorang warga sipil dan menghadapi kemungkinan hukuman penjara seumur hidup.

Palang Merah Minta Akses

Amnesty International mengatakan sebelumnya bahwa Palang Merah harus segera diberikan akses kepada para pejuang Mariupol yang menyerah. Denis Krivosheev, wakil direktur Amnesty untuk wilayah tersebut, mengutip eksekusi tanpa hukum yang diduga dilakukan oleh pasukan Rusia di Ukraina dan mengatakan para pembela Azovstal “tidak boleh mengalami nasib yang sama.”

Pabrik itu adalah satu-satunya yang menghalangi Rusia mengumumkan penangkapan penuh kota Mariupol. Kejatuhannya akan membuat Mariupol menjadi kota Ukraina terbesar yang akan direbut oleh pasukan Moskow, memberikan dorongan kepada Putin dalam perang di mana banyak rencananya gagal.

Amerika Serikat telah mengumpulkan informasi intelijen yang menunjukkan beberapa pejabat Rusia khawatir bahwa pasukan Kremlin di Mariupol melakukan pelanggaran, termasuk memukuli pejabat kota, menyetrum mereka dengan sengatan listrik, dan merampok rumah, menurut seorang pejabat AS yang mengetahui temuan tersebut.

Para pejabat Rusia khawatir bahwa pelanggaran tersebut akan semakin mengilhami penduduk untuk melawan pendudukan dan bahwa perlakuan tersebut bertentangan dengan klaim Rusia bahwa militernya telah membebaskan penutur bahasa Rusia, menurut pejabat tersebut, yang tidak berwenang untuk berkomentar.

Dalam kasus kejahatan perang di Kiev, Sersan Rusia, Vadim Shishimarin, seorang anggota unit tank berusia 21 tahun, mengaku bersalah karena menembak kepala seorang pria Ukraina berusia 62 tahun yang tidak bersenjata melalui jendela mobil pada hari-hari awal perang. Jaksa Agung Ukraina mengatakan sekitar 40 kasus kejahatan perang lainnya sedang disiapkan.

Di bidang diplomatik, Finlandia dan Swedia dapat menjadi anggota NATO dalam hitungan bulan, meskipun keberatan dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengancam akan mengacaukan segalanya. Turki menuduh kedua negara menyembunyikan militan Kurdi dan negara lain yang dianggapnya sebagai ancaman bagi keamanannya.

Badan investigasi federal utama Rusia mengatakan pihaknya bermaksud untuk menginterogasi pasukan yang menyerah untuk "mengidentifikasi kaum nasionalis" dan menentukan apakah mereka terlibat dalam kejahatan terhadap warga sipil.

Jaksa tinggi Rusia meminta Mahkamah Agung negara itu untuk menunjuk Resimen Azov Ukraina, di antara pasukan yang membentuk garnisun Azovstal,  sebagai organisasi teroris. Resimen memiliki akar sayap paling kanan.

Parlemen Rusia dijadwalkan untuk mempertimbangkan resolusi untuk melarang pertukaran pejuang Resimen Azov tetapi tidak membahas masalah tersebut pada hari Rabu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home