Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 10:44 WIB | Sabtu, 23 November 2019

Pameran Foto "Kunokini"

Pembukaan pameran foto “Kunokini” di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto No 2 Yogyakarta, Jumat (22/11) malam. (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 80-an karya foto dari pewarta foto LKBN Antara dipamerkan di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY). Pameran yang mengangkat tajuk “Kunokini” dibuka pada Jumat (22/11) malam.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemda DIY, Rony Primantohari, Gubernur Pemda DI Yogyakarta menyampaikan bahwa foto jurnalistik merupakan sebuah bentuk dari jurnalisme atau bentuk mengumpulkan, menyunting, dan memperlihatkan bahan berita untuk publikasi maupun penyiaran yang menggunakan gambar, dalam rangka menggambarkan sebuah berita. Artinya foto jurnalistik merupakan kombinasi antara medium verbal dan visual dalam komunikasi. Dalam proses jurnalistik, foto yang menampilkan berita membuat khalayak dapat mengetahui dan melihat secara visual informasi yang memiliki nilai berita.

“Saya berharap agar seluruh peserta pameran memanfaatkan momentum pameran ini untuk memperlihatkan karya sekaligus mengedukasi pengunjung tentang pengetahuan foto jurnalistik sehingga berita dan informasi yang disajikan jurnalis bisa menjadi lebih atraktif, objektif, menarik, dan dibutuhkan,” kata Gubernur Pemda DIY, dalam sambutan yang dibacakan Rony Primantohari, Jumat (22/11) malam.

Sebagian besar karya foto yang dipresentasikan merupakan hasil jepretan pewarta foto Antara dalam tema seni-budaya yang berakar pada adat-tradisi di masyarakat Jawa Tengah bagian tengah dan Yogyakarta, baik dalam bentuk aktivitas masyarakat sehari-hari maupun peristiwa upacara adat-tradisi. Sebelumnya karya-karya foto tersebut sudah dipamerkan di Semarang.

Pameran foto “Kunokini” akan berlangsung hingga 27 November 2019 di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto No 2 Yogyakarta.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home