Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 13:41 WIB | Selasa, 28 November 2017

Pameran Pedal Car "Montor-montor Cilik" di BBY

Pameran Pedal Car "Montor-montor Cilik" di BBY
Pameran "Montor-montor Cilik" berlangsung pada 24 November - 3 Desember 2017 di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto No. 2 Yogyakarta. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
Pameran Pedal Car "Montor-montor Cilik" di BBY
Sepeda roda tiga (tricycle) tahun 1930.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bentara Budaya Yogyakarta kembali menampilkan sebuah  pameran tentang keunikan mainan anak-anak. Sebanyak 21 buah pedal car dan 30 foto koleksi Bonum art - Klaten dipamerkan di Bentara Budaya Yogyakarta. Pameran bertajuk "Montor-montor Cilik" dibuka pada Jumat (24/11) malam.

Pameran  tersebut merupakan rangkaian pameran Seri Lawasan yang secara berkala dihelat oleh Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) sejak berdiri tahun 1982.

Dalam pameran Seri Lawasan ada dua kategori lawasan yang dipamerkan di BBY. Pertama adalah benda-benda yang bertalian dengan tradisi dan budaya seperti  keris, batik, dan topeng, dan yang kedua adalah benda-benda rumah tangga yang mempunyai nilai edukasi di zaman dahulu seperti radio tabung gramaphone, dan alat transportasi masa lalu seperti sepeda onthel dan sebagainya yang dipakai oleh masyarakat Indonesia di zaman dahulu.

Pedal  car merupakan bagian dari mainan transportasi lawasan yang dipakai oleh anak-anak pada masa lalu, sekitar tahun 1920 sampai tahun 1960-an. Termasuk didalamnya sepeda roda tiga otopet, sepeda motor kecil, dan mobil-mobilan yang berukuran kecil sekitar 60x100 centimeter. Mainan-mainan ini terbagi dalam dua kategori, yang pertama tanpa mekanik dan yang kedua dengan mekanik berupa pedal.

Mainan tanpa mekanik adalah mainan anak-anak yang diperuntukkan bagi anak balita, yang masuk kategori ini antara lain: otopet, sepeda roda tiga tanpa pedal, bahkan ada yang beroda empat tetapi tanpa pedal. Mainan-mainan ini hanya bisa jalan kalau didorong oleh pengasuhnya atau didorong oleh anak itu sendiri dengan kedua kakinya.

Adapun mainan  yang mekanik adalah berupa tricycle atau sepeda roda tiga yang dilengkapi dengan pedal di bagian as roda depan; kemudian mobil-mobilan yang dilengkapi dengan pedal dan rantai atau dua buah tuas yang dapat menggerakkan roda belakang.

Pada masa lalu mainan pedal car bukanlah mainan yang berharga murah. Dengan harga yang relatif mahal, hanya anak-anak dari keluarga mampu dan berada saja yang dapat memilikinya. Dari berbagai jenis mainan mobil-mobilan ini ada yang dibuat sesuai dengan aslinya dan merupakan prototipe dari mobil asli dalam skala kecil.

Pameran "Montor-montor Cilik" akan berlangsung sampai tanggal 3 Desember 2017di Bentara Budaya Yogyakarta, Jalan Suroto Nomor 2 Yogyakarta.

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home