Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 16:51 WIB | Rabu, 06 Oktober 2021

Pandemi: Australia Tidak Terima Turis Asing Hingga 2022

Orang-orang menonton dari pantai saat pesawat Qantas meluncur di landasan pacu di Bandara Sydney di Sydney, Australia. Turis internasional tidak akan dibuka kembali ke Australia sampai tahun depan. (Foto: dok. AP/Rick Rycroft)

CANBERRA,  SATUHARAPAN.COM-Australia tidak akan membuka untuk turis asing setidaknya sampai tahun depan, kata perdana menteri pada hari Selasa (5/10) ketika ia menguraikan rencana untuk mencabut beberapa pembatasan perjalanan COVID-19 terberat dan terlama yang diberlakukan oleh nagar demokrasi mana pun.

Sebaliknya, negara itu akan memprioritaskan kembalinya migran dan pelajar terampil setelah mencapai tolok ukur Perdana Menteri Scott Morrison untuk membuka kembali perbatasan luarnya: vaksinasi penuh terhadap 80% populasi berusia 16 tahun ke atas. Diperkirakan akan mencapai titik itu pada Selasa.

Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah Morrison mengumumkan rencana untuk mengizinkan warga negara yang divaksinasi dan penduduk tetap untuk terbang ke luar negeri mulai November untuk pertama kalinya sejak Maret 2020.

Pembatasan perjalanan yang ketat, yang telah menjebak sebagian besar warga Australia di rumah dan membuat sebagian besar orang asing keluar, telah menyebabkan tingkat imigrasi terendah sejak Perang Dunia II. Universitas-universitas Australia, yang sangat bergantung pada biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa internasional, sangat terpukul, dan banyak yang takut mahasiswa akan pergi ke tempat lain jika mereka tidak segera diizinkan masuk.

Sementara banyak negara memberlakukan penguncian ketat yang menutup sebagian besar ekonomi, pembatasan perjalanan Australia membuat kehidupan cukup normal untuk sebagian besar pandemi, meskipun sekarang mengalami penutupan di kota-kota terbesar, Sydney dan Melbourne, serta ibu kota Canberra.

Aturan tersebut menimbulkan beban emosional yang tinggi di negara di mana separuh penduduknya lahir di luar negeri atau memiliki setidaknya satu orang tua imigran. Keluarga terpisah, dan beberapa kakek-nenek dilarang bertemu cucu di Australia yang hampir selama dua tahun.

Setelah mencabut pembatasan pada warga Australia, Morrison mengatakan prioritas berikutnya adalah migran terampil dan pelajar internasional, sebelum turis. Dia tidak menentukan kapan kelompok-kelompok itu akan diizinkan masuk. “Kami akan mendapatkan pengunjung internasional juga, saya percaya tahun depan,” kata Morrison.

Dewan Ekspor Pariwisata Australia, yang mewakili sektor yang menghasilkan 45 miliar dolar Australia (US$ 33 miliar) per tahun dari turis internasional sebelum pandemi, ingin pengunjung internasional kembali pada bulan Maret.

Operator pariwisata Australia, yang menderita tidak hanya dari larangan pariwisata internasional tetapi juga seringnya pembatasan perbatasan pandemi internal, frustrasi karena tidak ada rincian lebih lanjut tentang bagaimana perjalanan liburan akan dilanjutkan.

“Kedatangan turis internasional harus menjadi bagian dari rencana tersebut,” kata Daniel Gschwind, kepala eksekutif Dewan Industri Pariwisata Queensland, kelompok advokasi puncak negara bagian Queensland. “Bahkan jika itu bukan prioritas pertama, kami ingin melihat bagaimana ini akan berhasil. Ada banyak bisnis yang hanya bertahan.”

Gschwind mengatakan bahwa sektornya perlu merencanakan bagaimana risiko COVID-19 dapat dikelola, mungkin melalui pengujian cepat dan isolasi diri.

Ada beberapa pengecualian untuk larangan perjalanan Australia, dan pariwisata tidak pernah diterima sebagai alasan untuk melintasi perbatasan. Mereka yang sudah bisa masuk harus menghabiskan dua pekan di karantina hotel. Itu akan menjadi hambatan besar jika tetap ada, bahkan setelah turis diizinkan.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home