Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Jumat, 02 Juli 2021

Pangeran William dan Harry Bersama Resmikan Patung Diana

Pangeran William, Duke of Cambridge dari Inggris, dan Pangeran Harry, Duke of Sussex, pada peresmian patung yang mereka buat untuk ibu mereka, Diana, Princess of Wales paha hari Kamis, 1 Juli 2021. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pangeran William dan Harry mengesampingkan perbedaan mereka pada hari Kamis (1/7) untuk meresmikan patung Putri Diana, memperkuat tempat mendiang ibu mereka dalam sejarah kerajaan pada hari ulang tahunnya yang ke-60.

Tiga saudara kandung Diana bergabung dengan saudara-saudaranya untuk upacara pribadi di Taman Sunken di Istana Kensington, London, Inggris, tempat sang putri pernah menemukan pelipur lara. Ini adalah kedua kalinya dua bersaudara itu muncul bersama di depan umum sejak Harry mengundurkan diri dari tugas kerajaan lebih dari setahun yang lalu.

Patung, yang menunjukkan Diana yang lebih besar dari yang asli dikelilingi oleh tiga anak, dibuat atas keinginan dua bersaudara itu pada tahun 2017. Gaya pakaiannya dimaksudkan untuk membangkitkan periode terakhir hidupnya, ketika dia mendapatkan kepercayaan diri dalam pekerjaan kemanusiaannya.

"Hari ini, pada ulang tahun ke-60 ibu kami, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya, kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan untuk kebaikan di seluruh dunia, mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik," kata William dan Harry dalam pernyataan bersama.

“Setiap hari, kami berharap dia masih bersama kami, dan harapan kami adalah patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya.”

Patung itu "sangat penting" karena menegaskan upaya dua bersaudara untuk menggambarkan Diana sebagai seseorang yang terhubung dengan rakyat dan memodernisasi monarki, kata Robert Lacey, seorang sejarawan dan penulis "Battle of Brothers: William, Harry and the Inside Story" dari sebuah Keluarga di Tumult.” Kaum tradisionalis telah mengkritiknya karena telah merusak tradisi berabad-abad.

“Patung tidak populer atau modis atau bahkan hal-hal yang benar secara politis akhir-akhir ini,” kata Lacey. "Jadi fakta bahwa Diana, yang pernah menjadi pemberontak, orang buangan kerajaan, diangkat dengan alas dan posisinya sendiri... mengatakan banyak tentang cara monarki Inggris bergerak dan akan terus berjalan."

Pengamat kerajaan yang berharap upacara pembukaan akan memberikan wawasan tentang keadaan hubungan William dan Harry yang tegang kemungkinan akan kecewa. Video yang dirilis setelah acara menunjukkan dua bersaudara memasuki taman bersama sebelum berbicara dengan anggota keluarga dan kemudian menarik dua tali untuk melepaskan penutup dari patung itu.

Dalam satu-satunya penampilan bersama baru-baru ini, keduanya tampak mengobrol dengan ramah setelah pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip. Namun laporan kemudian menunjukkan ada sedikit kemajuan dalam meredakan keretakan.

Hubungan antara keduanya telah sangat tegang dalam beberapa bulan terakhir, dengan William membela keluarga kerajaan dari tuduhan rasisme dan ketidakpekaan yang dibuat oleh Harry dan istrinya, Meghan, dari rumah baru mereka di California Selatan.

Harry mundur dari tugas kerajaan tahun lalu dan memindahkan keluarganya ke Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih damai yang bisa dia kendalikan dengan lebih baik.

William telah melanjutkan kehidupan kerajaan dan tuntutan tanpa akhir yang menyertai perannya sebagai pewaris takhta kedua.

Hubungan itu menjadi lebih tegang pada bulan Maret ketika Harry dan Meghan memberikan wawancara kepada pembawa acara talk show AS, Oprah Winfrey.

Harry membenarkan desas-desus bahwa dia dan saudaranya telah tumbuh terpisah, mengatakan "hubungannya adalah 'ruang' saat ini" - meskipun dia menambahkan bahwa "waktu menyembuhkan segalanya, semoga." Harry juga memberi tahu Winfrey bahwa ayahnya, Pangeran Charles, tidak menerima panggilan telefonnya untuk sementara waktu.

Pasangan itu mengungkapkan bahwa sebelum kelahiran anak pertama mereka, seorang anggota keluarga kerajaan yang tidak disebutkan namanya telah menyatakan keprihatinan tentang betapa gelap kulitnya. Beberapa hari setelah siaran, William menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh wartawan, menyatakan bahwa dia "sangat bukan keluarga rasis."

Tapi ingatan Diana adalah sesuatu yang terus menyatukan para pangeran itu. Baik William dan Harry berusaha mengendalikan cara ibu mereka digambarkan, menyoroti filantropi dan sentuhan umum sambil mengabaikan kontroversi, kata sejarawan Ed Owens, penulis "The Family Firm: Monarchy, Mass Media and the British Public 1932-1953," yang mengkaji strategi hubungan masyarakat keluarga kerajaan.

"Saya pikir mereka berdua memiliki... pandangan yang sama tentang Diana, yang ingin mereka promosikan," kata Owens. “Membayangkan ulang Diana yang terjadi melalui para pangeran saat ini sepenuhnya saling melengkapi. Dan saya pikir demi hari Kamis, masa lalu akan berlalu.'' (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home