Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki 12:24 WIB | Selasa, 27 Desember 2022

Panglima TNI dan Kapolri Terima Brevet Kopassus

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan pers usai menerima baret merah, brevet Komando dan Pisau Komando dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022). ANTARA

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerima baret merah dan brevet komando dari pasukan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Brevet tersebut disematkan Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam upacara yang digelar di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (27/12).

Selain baret dan brevet komando, Danjen Kopassus juga memberikan pisau Komando kepada Panglima TNI dan Kapolri.

"Sungguh merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi atas diberikannya brevet komando, baret merah, dan pisau dari Kopassus," kata Panglima TNI saat memberikan sambutan.

Dia juga merasa bangga karena secara langsung melihat profesionalisme dari para prajurit komando yang ditampilkan dalam kegiatan demonstrasi yang disaksikan bersama.

"Semangat menggelora yang terpancar dari wajah-wajah patriot prajurit komando membuat saya semakin bangga dan jatuh cinta kepada Kopassus," kata Yudo.

Menurut dia, Kopassus merupakan bagian dari komando utama tempur yang dimiliki oleh TNI AD. Kopassus memiliki sejarah panjang dan berhasil mengumpulkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas berat demi menjaga kepentingan dan keutuhan NKRI.

Yudo menyebutkan, para prajurit Kopassus telah membuktikan kepada dunia dan bangsa Indonesia bahwa prajurit komando dimanapun berada dan bertugas senantiasa menjunjung tinggi semboyan Tri Buana Candraja Satya Darma, yang memiliki arti prajurit yang menguasai teknik perang khusus mahir dan bergerak secara cepat di berbagai medan, baik di darat, laut dan udara.

Brevet Komando, kata Yudo, melambangkan prajurit yang menggunakannya telah digodok dalam kancah pendidikan atau latihan yang membara laksana api sehingga memiliki keberanian, kecekatan, dan keterampilan sebagai prajurit komando yang mencakup kemampuan di bidang operasi darat, laut, maupun udara.

Selain itu, telah Yudo juga menerima baret merah Kopassus yang melambangkan keberanian luar biasa, motivasi tinggi guna meraih kesuksesan serta kematangan dalam pola pikir serta olah rasa serta keseimbangan antara intelegent, emotional question atau IQ.

"Izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Danjen Kopassus beserta keluarga besar baret merah yang telah menerima saya menjadi bagian dari keluarga prajurit komando yang penuh prestasi," ujarnya.

Baret merah yang dikenakannya, tambah Yudo, membawa konsekuensi dan menuntutnya sebagai Panglima TNI untuk ikut serta memajukan Kopassus serta berperilaku dan bertindak selayaknya prajurit komando.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku mendapatkan kehormatan dan kebanggaan yang luar biasa menerima brevet komando, baret merah dan pisau Komando dari Kopassus.

"Bagi kami ini adalah suatu kebanggaan yang sangat luar biasa selaku Kapolri dan juga seluruh institusi Polri. Kami tahu Kopassus adalah pasukan elit AD yang sudah dikenal tidak hanya di Indonesia tapi di kancah internasional rekam jejak rekan-rekan, prestasi sangat dikenal dan ini membawa nama harum bangsa Indonesia," kata Listyo.

Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Kasad dan Danjen Kopassus atas apa yang telah diberikan.

"Tentunya kebanggaan ini akan kita jaga," ujarnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home