Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:48 WIB | Senin, 08 November 2021

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Kesiapan Sirkuit Mandalika, Lombok

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ketika meninjau langsung Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari Minggu (7/12). (Foto: Humas Polri)

LOMBOK, SATUHARAPAN.COM- Panglima TNI dan Kapolri mengecek langsung untuk memastikan pengamanan dan penanganan serta pengendalian COVID-19 berjalan dengan baik mulai dari persiapan, saat berlangsung hingga berakhirnya event internasional superbike.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), hari Minggu (7/12), menjelang pelaksanaan Asian Talent Cup dan World Superbike Championship (WSBC) mendatang.

“Beberapa hari kedepan akan dilaksanakan event internasional yang akan dilaksanakan di Mandalika, mulai kejuaraan Asian Talent Cup sampai Superbike. Ini akan menjadi ujian buat kita apakah kita mampu untuk melaksanakan event internasional, namun laju pertumbuhan COVID-19 bisa kita jaga,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

World Superbike Championship 2021 Seri ke-13 akan berlangsung di Mandalika, Lombok, yang dijadwalkan berlangsung pada 9-21 November 2021 .

Kapolri menekankan, seluruh pihak terkait di NTB, bersama-sama dengan TNI, Polri, Dinkes, relawan, tokoh masyarakat dan agama, untuk bersinergi melakukan percepatan akselerasi vaksinasi COVID-19. Dengan akselerasi vaksinasi, mantan Kapolda Banten ini menyebut, kekebalan komunal dari virus corona akan segera terwujud. Sehingga, pelaksanaan event internasional, bisa berjalan baik dari segi keamanan dan kesehatan.

Kapolri optimis bahwa pelaksanaan event internasional di NTB bakal berjalan dengan aman dan memperhatikan faktor kesehatan, sebagaimana kesuksesan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua beberapa waktu lalu.

“Beberapa waktu lalu PON ke-XX berjalan baik dengan tetap menjaga prokes, dan pertumbuhan COVID-19 pada saat itu betul-betul bisa kelola, sehingga tidak muncul gelombang ketiga,” kata Kapolri.

Lebih dalam, Kapolri mengungkapkan, bahwa Indonesia berapa di peringkat paling atas se-Asia Tenggara dalam hal menekan laju pertumbuhan virus corona. Menurut dia, itu berkat kerja keras dan kerja sama seluruh elemen.

Untuk memastikan pelaksanaan event internasional tersebut berjalan dengan baik dan aman, Panglima TNI dan Kapolri juga memimpin rapat pengarahan bersama dengan Forkopimda NTB. Sigit menekankan, apabila Asian Talent Cup dan WSBK bisa berjalan dengan baik, maka NTB khususnya di Sirkuit Mandalika akan siap menggelar perhelatan Moto GP 2022.

Kapolri mengapresiasi Forkopimda NTB yang memiliki catatan progres yang baik dalam hal penanganan dan pengendalian COVID-19. Di antaranya akselerasi vaksinasi. Dalam laporan yang diterima, Kapolri memaparkan bahwa, di Mataram Barat sudah mencapai vaksinasi dosisi pertama sebesar 96 persen. Sementara, Lombok Tengah di angka 70,94 persen.

“Langkah ini sudah cukup bagus dan berdampak pada positivity rate dan angka-angka lain. Di NTB, saya lihat semua menurun, kasus updetnya dibandingkan dengan nasional, untuk NTB positivity rate ada di bawah nasional 0,11 persen, sedangkan angka nasional sendiri 0,37 persen. Saya kira ini pekerjaan yang terlihat hasilnya. Ini modal untuk masuk persiapkan pelaksanaan kegiatan di Mandalika,” kata Kapolri.

Meski mengalami progres positif, Kapolri berharap, Forkopimda NTB tetap melakukan antisipasi dan mempertahankan tren baik yang saat ini sudah ada. Hal itu demi mengantisipasi adanya risiko sekecil apapun terkait dengan lonjakan COVID-19.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home