Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:31 WIB | Rabu, 25 Oktober 2017

Pangsa Pasar Animasi Jepang Lampaui Dua Triliun Yen

Ilustrasi. Popularitas film Kimi No Na Wa, menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Kota Hida di Provinsi Gifu. (Foto: Dok satuharapan.com/forbes.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Satu kelompok industri menyatakan penjualan animasi Jepang serta layanan dan produk terkaitnya telah melampaui 2 triliun yen atau sekitar 17,6 miliar dolar AS untuk pertama kalinya pada tahun 2016.

Asosiasi Animasi Jepang, seperi diberitakan nhk.or.jp, melakukan survei tahunan terhadap sekitar 100 perusahaan produksi animasi di seluruh Jepang. Hasilnya, disebutkan bahwa angka penjualan melewati 2 triliun yen untuk pertama kalinya sejak survei dimulai tahun 2002.

Penjualan DVD, produk lainnya serta penerimaan keuntungan dari pemutaran film di luar negeri berada pada posisi pertama dengan nilai 6,75 miliar, diikuti dengan penjualan barang-barang karakter yang mencapai 4,95 miliar dolar.

Kelompok itu menyatakan lonjakan anime Jepang di luar negeri serta larisnya film Kimi no na wa atau Your Name, menjadi faktor utama yang berkontribusi bagi peningkatan.

Film yang diproduksi Noritaka Kawaguchi dan Genki Kawamura, serta disutradarai oleh Makoto Shinkai yang sekaligus sbagai penulis skenario itu, berkisah tentang seorang gadis pelajar SMA di pedesaan Jepang dan seorang anak laki-laki pelajar SMA di Tokyo yang bertukar jenazah. Film yang dirilis pada 3 Juli 2016 dalam Anime Expo di Los Angeles, California, Amerika Serikat, dan 26 Agustus 2016 di seluruh Jepang itu, menampilkan para bintang Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Masami Nagasawa, dan Etsuko Ichihara sebagai pengisi suara.

Film ini, mengutip Wikipedia, memenangkan 49th Sitges Film Festival, 2016 Los Angeles Film Critics Association Awards, dan 4th Mainichi Film Awards untuk Best Animated Feature Film, serta menerima nominasi untuk Hadiah Akademi Jepang ke-40 untuk Animasi Terbaik Tahun Ini.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home