Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:24 WIB | Senin, 20 Februari 2023

Para Ahli: Turki Abaikan Aturan Pembangunan Real Estate di Daerah Rawan Gempa

Ribuan bangunan runtuh akibat gempa yang menyebabkan banyak kematian. Ini akibat aturan pembangunan tidak ditegakkan.
Para Ahli: Turki Abaikan Aturan Pembangunan Real Estate di Daerah Rawan Gempa
Orang-orang duduk dan berdiri di sekitar bangunan yang runtuh di Golbasi, di Provinsi Adiyaman, Turki selatan, Rabu, 8 Februari 2023. (Foto: AP/Emrah Gurel)
Para Ahli: Turki Abaikan Aturan Pembangunan Real Estate di Daerah Rawan Gempa
Bangunan yang hancur terlihat dari atas di Antakya, Turki tenggara, Kamis, 9 Februari 2023. (Foto: AP/Hussein Malla)
Para Ahli: Turki Abaikan Aturan Pembangunan Real Estate di Daerah Rawan Gempa
Sebuah bangunan hancur di Antakya, Turki selatan, Rabu, 8 Februari 2023. (Foto: AP/Khalil Hamra)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Turki selama bertahun-tahun membiarkan nasib dengan tidak menegakkan aturan konstruksi modern sambil membiarkan - dan dalam beberapa kasus, mendorong - ledakan pembangunan real estat di daerah rawan gempa, kata para ahli.

Penegakan hukum yang longgar, yang telah lama diperingatkan oleh para ahli geologi dan teknik, mendapatkan pengawasan baru setelah gempa bumi dahsyat pekan ini, yang meratakan ribuan bangunan dan menewaskan lebih dari 23.000 orang di seluruh Turki dan Suriah.

“Ini adalah bencana yang disebabkan oleh konstruksi yang buruk, bukan gempa bumi,” kata David Alexander, seorang profesor perencanaan darurat di University College London.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak bangunan di daerah yang dilanda dua gempa besar pekan ini dibangun dengan bahan dan metode yang lebih rendah, dan seringkali tidak sesuai dengan standar pemerintah, kata Eyup Muhcu, presiden Kamar Arsitek Turki.

Dia mengatakan itu termasuk banyak bangunan tua, tetapi juga apartemen yang didirikan dalam beberapa tahun terakhir – hampir dua dekade setelah negara itu membawa aturan bangunannya ke standar modern. “Stok bangunan di kawasan itu lemah dan tidak kokoh, meski ada realita ancaman gempa bumi,” kata Muhcu.

Masalahnya sebagian besar diabaikan, kata para ahli, karena menanganinya akan mahal, tidak populer, dan menahan mesin utama pertumbuhan ekonomi negara.

Yang pasti, gempa bumi berturut-turut yang menghancurkan atau merusak setidaknya 12.000 bangunan sangat kuat — kekuatannya diperbesar oleh fakta bahwa gempa terjadi di kedalaman yang dangkal. Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pertama terjadi pada pukul )4:17 pagi, membuat orang semakin sulit untuk melarikan diri dari bangunan mereka karena bumi berguncang hebat. Dan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengakui “kekurangan” dalam tanggapan negara tersebut.

Terkait Amnesti Konstruksi

Tetapi para ahli mengatakan ada banyak bukti - dan puing-puing - menunjukkan kenyataan pahit tentang apa yang membuat gempa itu begitu mematikan: Meskipun Turki, di atas kertas, memiliki aturan konstruksi yang memenuhi standar rekayasa gempa saat ini, aturan itu terlalu jarang ditegakkan, menjelaskan mengapa ribuan bangunan runtuh.

Di negara yang dilintasi oleh garis patahan geologis, orang-orang gelisah tentang kapan dan di mana gempa bumi berikutnya akan terjadi — khususnya di Istanbul, kota berpenduduk lebih dari 15 juta yang rentan terhadap gempa.

Sejak bencana itu, menteri kehakiman Erdogan mengatakan akan menyelidiki bangunan yang hancur. “Mereka yang lalai, bersalah dan bertanggung jawab atas kehancuran setelah gempa akan menjawab keadilan,” kata Bekir Bozdag, hari Kamis (9/2).

Tetapi beberapa ahli mengatakan setiap penyelidikan serius terhadap akar lemahnya penegakan aturan bangunan harus mencakup pandangan tajam pada kebijakan Erdogan, serta pejabat regional dan lokal, yang mengawasi – dan mempromosikan – ledakan pembangunan dan konstruksi yang membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sesaat sebelum pemilihan presiden dan parlemen terakhir Turki pada tahun 2018, pemerintah meluncurkan program besar-besaran untuk memberikan amnesti kepada perusahaan dan individu yang bertanggung jawab atas pelanggaran tertentu terhadap aturan bangunan negara. Dengan membayar denda, pelanggar dapat menghindari keharusan untuk membuat bangunan mereka sesuai dengan aturan. Amnesti semacam itu juga telah digunakan oleh pemerintah sebelumnya menjelang pemilu.

Sebagai bagian dari program amnesti tersebut, badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk menegakkan peraturan bangunan mengakui bahwa lebih dari separuh bangunan di Turki – terhitung sekitar 13 juta apartemen – tidak memenuhi standar saat ini.

Rumah Tanpa Izin

Jenis pelanggaran yang dikutip dalam laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Urbanisasi tersebut sangat beragam, termasuk rumah yang dibangun tanpa izin, bangunan yang menambah lantai tambahan atau memperluas balkon tanpa izin, dan keberadaan yang disebut rumah liar yang dihuni oleh orang-orang miskin, keluarga berpenghasilan rendah.

Laporan tersebut tidak merinci berapa banyak bangunan yang melanggar peraturan terkait tahan gempa atau integritas struktural dasar, tetapi kenyataannya jelas. “Amnesti konstruksi bukan berarti bangunan itu kokoh,” kata Kepala Kementerian Lingkungan Hidup dan Urbanisasi saat ini, Murat Kurum, pada 2019.

Pada tahun 2021, Kamar Insinyur Geologi Turki menerbitkan serangkaian laporan yang mengibarkan bendera merah tentang bangunan yang ada dan konstruksi baru yang berlangsung di daerah yang diratakan oleh gempa pekan ini, termasuk Kahramanmaras, Hatay, dan Osmaniye. Chamber itu mendesak pemerintah untuk melakukan studi untuk memastikan bahwa bangunan sesuai dengan aturan dan dibangun di lokasi yang aman.

Setahun sebelumnya, Kamar itu mengeluarkan laporan yang secara langsung menyebut kebijakan "amnesti kumuh, amnesti konstruksi" sebagai berbahaya dan memperingatkan bahwa "ketidakpedulian terhadap budaya keselamatan bencana" akan mengarah pada tindakan pencegahan kematian.

Sejak tahun 1999, ketika dua gempa kuat melanda Turki barat laut, dekat Istanbul - yang lebih kuat menewaskan sekitar 18.000 orang - aturan bangunan telah diperketat dan proses pembaruan perkotaan sedang berlangsung.

Tetapi peningkatan tidak terjadi cukup cepat, terutama di kota-kota miskin.

Pembangun biasanya menggunakan bahan berkualitas rendah, mempekerjakan lebih sedikit profesional untuk mengawasi proyek dan tidak mematuhi berbagai peraturan sebagai cara untuk menekan biaya, menurut Muhcu, presiden Kamar Arsitek negara tersebut.

Dia mengatakan apa yang disebut "perdamaian konstruksi" pemerintah Turki yang diperkenalkan sebelum pemilihan umum 2018 sebagai cara untuk mengamankan suara, pada dasarnya, melegalkan bangunan yang tidak aman.

“Kami membayarnya dengan ribuan kematian, penghancuran ribuan bangunan, kerugian ekonomi,” kata Muhcu.

Bahkan gedung apartemen baru yang diiklankan sebagai aman dirusak oleh gempa tersebut.

Banyak Bangunan Baru Runtuh

Di provinsi Hatay, di mana korban jiwa paling tinggi dan landasan pacu bandara serta dua rumah sakit umum hancur, Bestami Coskuner yang selamat mengatakan dia melihat banyak bangunan baru, bahkan bangunan baru yang “mencolok” telah runtuh.

Di Antakya, sebuah kota bersejarah di Hatay, sebuah bangunan 12 lantai dengan 250 unit yang selesai pada 2012 atau 2013 runtuh, meninggalkan banyak orang tewas, atau masih terperangkap hidup-hidup. The Ronesans Rezidans dianggap sebagai salah satu bangunan "mewah" di area tersebut dan diiklankan sebagai "proyek kehidupan yang berkualitas tinggi" di Facebook dengan kolam renang, gym, pusat kecantikan, dan keamanan.

Pada hari Jumat, seorang kontraktor yang mengawasi pembangunan gedung itu ditahan di Bandara Istanbul sebelum menaiki penerbangan ke luar negeri, lapor kantor berita resmi Turki, Anadolu.

Bangunan lain yang hancur di Antakya adalah Guclu Bahce, yang mulai dibangun pada tahun 2017 dan dibuka dengan meriah pada tahun 2019 dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh walikota Hatay dan pejabat lokal lainnya, menurut situs pengecekan fakta Dogrulukpayi.

Di Malatya, apartemen Asur yang baru — disebut sebagai tahan gempa dalam iklan — mengalami kerusakan pada gempa pertama, tetapi penduduk selamat tanpa cedera. Beberapa warga yang kembali ke gedung untuk mengambil barang-barangnya berhasil melarikan diri untuk kedua kalinya ketika gempa kuat kedua melanda, menyebabkan bangunan itu meluncur ke satu sisi, menurut video yang ditayangkan di TikTok dan diverifikasi oleh situs web pengecekan fakta Teyit.

Kehancuran di seluruh Turki terjadi pada saat yang sensitif bagi Presiden Erdogan, yang menghadapi pemilihan parlemen dan presiden yang sulit pada bulan Mei mendatang di tengah penurunan ekonomi dan inflasi yang tinggi.

Erdogan secara teratur memuji ledakan konstruksi negara itu selama dua dekade terakhir, termasuk bandara baru, jalan, jembatan, dan rumah sakit, sebagai bukti keberhasilannya selama lebih dari dua dekade berkuasa.

Dalam perjalanannya ke wilayah yang hancur pada hari Rabu dan Kamis, Erdogan berjanji untuk membangun kembali rumah yang hancur dalam setahun. “Kami tahu bagaimana melakukan bisnis ini,” katanya. “Kami adalah pemerintah yang telah membuktikan dirinya dalam masalah ini. Kami akan melakukan." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home