Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Rabu, 14 September 2022

Para Kritikus Kremlin Tidak Takut Ditangkap dan Dihukum

Seorang tentara Ukraina bermain dengan seekor anjing saat ia beristirahat di wilayah yang dibebaskan di wilayah Kharkiv, Ukraina, Senin, 12 September 2022. (Foto: AP/Kostiantyn Liberov)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Seorang politisi Rusia yang membuat kegaduhan dengan mempertanyakan strategi Rusia di Ukraina di televisi nasional mengatakan pada hari Selasa (13/9) bahwa dia mengatakan yang sebenarnya dan tidak takut akan hukuman di bawah undang-undang yang keras terhadap orang yang mendiskreditkan tentara dan menyebarkan berita palsu tentang konflik tersebut.

Pernyataan Boris Nadezhdin, mantan anggota Parlemen nasional liberal, disampaikan ketika pasukan Rusia mundur dari sebagian besar wilayah Kharkiv Ukraina dalam menghadapi serangan balasan Ukraina.

Dalam sebuah acara bincang-bincang di NTV yang dikendalikan negara pada hari Minggu (11/9), Nadezhdin mengatakan Presiden Vladimir Putin telah disesatkan oleh dinas intelijen yang tampaknya mengatakan kepadanya bahwa perlawanan Ukraina akan singkat dan tidak efektif. Nadezhdin juga menyerukan agar pertempuran diakhiri dan negosiasi dimulai.

Pejabat Rusia dalam beberapa pekan terakhir telah berulang kali menuduh Ukraina tidak mau bernegosiasi, tetapi mereka juga mengajukan persyaratan yang kejam. Mantan Presiden, Dmitry Medvedev, pada hari Senin mengatakan Rusia akan menuntut penyerahan total untuk bernegosiasi.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, hari Selasa, Nadezhdin mengatakan negosiasi tentang gencatan senjata “selalu mungkin dan di mana-mana.” Namun dia mengatakan menyelesaikan masalah seperti status wilayah separatis timur dan Krimea, yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014, akan jauh lebih sulit.

“Negosiasi tentang masalah ini? Mereka sekarang benar-benar tidak realistis, karena ada posisi seperti ini: 'Kami akan mengalahkan Anda, tidak, kami akan mengalahkan Anda'," katanya.

Komentar televisi Nadezhdin terkenal karena langkah Rusia untuk meredam kritik atas pengiriman pasukannya ke Ukraina. Beberapa hari setelah operasi dimulai, Parlemen menyetujui undang-undang yang melarang tuduhan meremehkan militer Rusia atau penyebaran “informasi palsu” tentang operasi di Ukraina.

OVD-Info, sebuah kelompok bantuan hukum yang melacak penangkapan politik di Rusia, telah menghitung 90 kasus kriminal dengan tuduhan menyebarkan informasi palsu tentang militer Rusia sejak 24 Februari.

“Saya jelas tidak melanggar hukum Rusia apa pun,” kata Nadezhdin kepada AP. “Tidak ada satu pun yang palsu sama sekali, tidak ada satu pun yang palsu dalam apa yang saya katakan. Ada pernyataan fakta yang sangat jelas.”

Penarikan pasukan Rusia dari wilayah Kharkiv dan serangan balik Ukraina di bagian selatan wilayah Kherson yang dikuasai Rusia telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Rusia goyah dalam apa yang oleh para pejabat disebut sebagai “operasi militer khusus.”

Pemimpin Partai Komunis, kelompok politik terbesar kedua di negara itu, pada hari Selasa (13/9) menyerukan mobilisasi umum untuk meningkatkan tenaga militer dan agar konflik secara terbuka disebut perang.

“Perang dan operasi khusus pada dasarnya berbeda. Anda dapat menghentikan operasi khusus, Anda tidak dapat menghentikan perang, bahkan jika Anda menginginkannya,” kata Gennady Zyuganov seperti dikutip oleh media berita Rusia.

“Mobilisasi kekuatan dan sumber daya maksimum diperlukan.” dia berkata. Kritik ringan terhadap Putin juga mulai bermunculan.

Tujuh anggota dewan lokal di St. Petersburg pekan lalu meminta parlemen nasional untuk mengajukan tuduhan makar terhadap Putin karena konflik Ukraina; lima dari mereka didakwa mendiskreditkan tentara.

Sebuah dewan lokal di Moskow pekan lalu mengeluarkan resolusi yang meminta Putin untuk mengundurkan diri, dengan mengatakan, “Retorika yang Anda dan bawahan Anda gunakan telah penuh dengan intoleransi dan agresi untuk waktu yang lama, yang pada akhirnya secara efektif melemparkan negara kita kembali ke era Perang Dingin. Rusia kembali ditakuti dan dibenci.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home