Loading...
MEDIA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:05 WIB | Rabu, 21 Mei 2014

Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia

Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Pemenang pertama, Tommy Gustaviano Yeza menerima hadiah dari Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat. (Foto-foto: Prasasta)
Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Pemenang kedua, Danang Kurniawan menerima hadiah dari Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat.
Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Pemenang Ketiga, Siti Kholifah menerima hadiah dari Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat,
Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Pemenang keempat, Dhoriva menerima hadiah dari Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat.
Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Pemenang kelima, Reza Abdul Aziz menerima hadiah dari Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat.
Para Mahasiswa Terima Hadiah Kompetisi Menulis Wikimedia
Siska Doviana, Ketua Umum Wikimedia Indonesia, Sujana Royat, Deputi VII Kemenkokesra, Sujana Royat, dan Hans Abdiel Harmakaputra, Direktur Proyek Penulisan " Bebaskan Pengetahuan 2014"

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wikimedia dan Kemenkokesra menyerahkan hadiah pemenang kompetisi menulis artikel ensiklopedi di situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Acara dihelat di Gedung Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Rabu (21/5) siang.

Pada acara ini para pemenang antara lain Tomy Gustaviano Yeza dari Universitas Gadjah Mada tampil sebagai juara pertama, Danang Kurniawan dari Sekolah Tinggi Teologia Jakarta pemenang kedua, Siti Kholifah dari Universitas Sanata Dharma sebagai pemenang ketiga, pemenang keempat dan kelima berasal dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yakni Dhoriva, dan peringkat kelima ada Reza Abdul Aziz.

Masing-masing pemenang memperoleh satu buah komputer jinjing (lap top). Hans Abdiel selaku Direktur Proyek Wikimedia sempat mewanti-wanti pada awal acara karena para pemenang asal Yogyakarta tertunda pesawatnya dan tidak dapat tiba di Gedung Kemenkokesra tepat waktu, sementara dua pemenang asal Jakarta tidak mengetahui letak gedung salah satu kementerian di Indonesia tersebut.    

Bebaskan Pengetahuan 2014 adalah ajang kompetisi menulis artikel-artikel ensiklopedia di situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Kompetisi ini dilakukan karena artikel-artikel di Wikipedia ditulis oleh sukarelawan, karena sukarela jumlah kontributor Wikipedia bahasa Indonesia sangat sedikit dan banyak topik penting ala ensiklopedia belum tersedia bagi pencari informasi.

Seperti kompetisi sebelumnya jumlah peserta dibatasi sebanyak 100 peserta yang berasal dari universitas-universitas di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta berumur 18-25 tahun yang diajak serta. Ketahanan peserta akan diuji selama 3 bulan (1 April 2014 - 27 Juni 2014).

Kompetisi Menulis di Wikipedia ini digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengkayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi yang berlangsung selama tiga bulan ini dirancang sebagai sarana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berba gai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia–dengan gaya ensiklopedis.

Pada pemberitaan satuharapan.com, Jumat (15/11), Hans Abdiel Harmakaputra mengatakan bahwa Yayasan Wikimedia Indonesia terus mengembangkan proyek-proyeknya. Selain Wikipedia Bahasa Indonesia, Wikimedia mengembangkan Wikipedia dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia.

Wikipedia dalam Bahasa Jawa, Banjar, Aceh, Banyumasan, Sunda, Bugis, Melayu, Batak, Minang dan Tetun sudah online. Bahasa-bahasa lain sedang terus dikembangkan.

Editor : Bayu Probo


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home