Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:30 WIB | Sabtu, 13 Mei 2023

Para Pihak Yang Berperang di Sudan Sepakat Lanjutkan Pembicaraan Damai

Namun pertempuran masih terus terjadi di kota Khartoum dan sekitarnya.
Orang-orang berkumpul di kota Wadi Halfa di Sudan yang berbatasan dengan Mesir pada 4 Mei 2023. (Foto: dok. AFP)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM-Tentara Sudan yang bertikai dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat akan melanjutkan pembicaraan pada hari Minggu, kata seorang diplomat senior Arab Saudi, ketika serangan udara dan pertempuran sengit berkecamuk semalaman di sekitar ibu kota Khartoum meskipun ada kesepakatan untuk melindungi warga sipil.

Arab Saudi, yang telah menjadi tuan rumah pembicaraan yang bertujuan untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata, juga mengundang panglima militer Abdel Fattah al-Burhan ke pertemuan puncak Liga Arab hari Jumat di Jeddah, kata diplomat itu.

Konflik yang pecah tiba-tiba sebulan lalu telah menewaskan ratusan orang, menyebabkan lebih dari 200.000 orang mengungsi ke negara-negara tetangga, membuat 700.000 lainnya mengungsi di dalam negeri dan berisiko menarik kekuatan luar dan membuat kawasan tidak stabil.

Terlepas dari undangan Burhan ke KTT Jeddah, dia diperkirakan tidak akan meninggalkan Sudan karena alasan keamanan, kata dua diplomat lainnya di Teluk.

Burhan diundang karena dia adalah kepala Dewan Kedaulatan Sudan yang dimaksudkan untuk mengawasi transisi yang direncanakan ke pemerintahan sipil sebelum konflik meletus, kata diplomat Arab Saudi itu. Saingannya, kepala RSF Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, adalah wakil ketua dewan.

“Kami belum menerima nama-nama delegasi, tetapi kami berharap Sudan akan diwakili dalam KTT tersebut,” kata diplomat Arab Saudi itu.

Kedua belah pihak sepakat pada hari Kamis (11/5) untuk "deklarasi prinsip" untuk melindungi warga sipil dan memungkinkan akses kemanusiaan, tetapi pertempuran tidak berhenti, dengan bentrokan dan serangan terdengar di sekitar Khartoum dan daerah sekitarnya.

Dalam pembicaraan yang dilanjutkan di Jeddah, kedua belah pihak akan memulai dengan membahas mekanisme untuk mengimplementasikan kesepakatan hari Kamis termasuk rencana pengiriman bantuan, koridor aman dan penarikan pasukan dari wilayah sipil.

Pembicaraan kemudian akan beralih ke cara untuk mengakhiri konflik, yang pada akhirnya membuka jalan bagi pemerintahan sipil. “Sifat konflik mempengaruhi dialog. Namun saya menemukan semangat yang sangat baik dari kedua belah pihak,” kata diplomat Arab Saudi itu.

Di depan umum, tidak ada pihak yang menunjukkan tanda-tanda bersedia berkompromi dan mereka berjuang melalui gencatan senjata sebelumnya. Meskipun RSF telah berjanji untuk menegakkan kesepakatan hari Kamis, tentara belum mengomentarinya.

Tidak ada pihak yang tampaknya dapat memperoleh kemenangan cepat, dengan RSF menggalang kekuatan di distrik pemukiman di seluruh ibu kota dan tentara dapat meningkatkan kekuatan udara. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home