Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:19 WIB | Kamis, 29 September 2022

Parlemen Lebanon Gagal Memilih Presiden Baru

Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri, menyaksikan penghitungan suara selama sesi pertama untuk memilih presiden baru di gedung parlemen di Beirut, Lebanon, pada Kamis, 29 September 2022. (Foto: Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Lebanon gagal memilih kepala negara baru pada hari Kamis (29/9)  untuk menggantikan Presiden Michel Aoun ketika masa jabatannya berakhir pada 31 Oktober. Ketua Parlemen, Nabih Berri, mengatakan dia akan mengadakan sidang lain ketika konsensus muncul tentang seorang kandidat.

Sebagian besar suara yang diberikan oleh anggota parlemen pada sidang hari Kamis, 63 - kosong. Politisi Kristen Michel Moawad mendapat dukungan dari 36 dari 122 anggota parlemen yang hadir.

Kecuali konsensus muncul pada seorang kandidat, kursi kepresidenan tampaknya akan kosong ketika masa jabatan Aoun berakhir, pada saat krisis keuangan yang mendalam terus berlanjut di negara itu.

Dicadangkan untuk seorang Kristen Maronit dalam sistem sektarian Lebanon, kursi kepresidenan telah beberapa kali kosong sejak perang saudara 1975-90.

Mengantisipasi kekosongan jabatan presiden, politisi telah meningkatkan upaya untuk menyetujui kabinet baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Muslim Sunni, Najib Mikati, yang saat ini menjabat dalam kapasitas sementara, di mana kekuasaan presiden dapat diteruskan sampai presiden dapat disetujui. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home