Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 19:54 WIB | Selasa, 29 November 2016

Parlemen Tetapkan Pangeran Vajiralongkorn Raja Thailand

Putra Mahkota Thailand, Vajiralongkorn, ditetapkan oleh parlemen sebagai raja Thailand menggantikan ayahnya (Foto: Morning Ledger)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Parlemen Thailand secara resmi mengumumkan hari Selasa Putran Mahkota Thailand, Vajiralongkorn, sebagai raja baru, menyelesaikan langkah formal ahli waris untuk naik tahta setelah kematian ayahnya bulan lalu.

Kabinet, mengikuti konstitusi tahun 1924 mengenai suksesi, mengajukan nama Vajiralongkorn kepada parlemen, dan setelah pertemuan singkat, semua anggota parlemen secara resmi mengakui dia sebagai raja baru.

"Saya ingin semua orang untuk berdiri dan memberikan berkatnya kepada raja baru," kata Presiden Majelis  Nasional yang merupakan parlemen Thailand, Pornpetch Wichitcholchai. Pernyataannya itu diikuti oleh sorak-sorai "Hidup Raja" oleh semua anggota majelis.

Kantor berita AP melaporkan Pornpetch akan mengundang Vajiralongkorn untuk  naik tahta, yang ke-10 pada dinasti Chakri yang didirikan pada 1782. Dia tidak mengatakan kapan Vajiralongkorn akan secara resmi naik tahta, tapi Wakil Perdana Menteri, Prawit Wongsuwan, mengatakan kepada wartawan sebelumnya bahwa audiensi kerajaan akan dilangsungkan beberapa hari kedepan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home