Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:14 WIB | Selasa, 08 September 2020

Partai Pro Pemerintah Mesir, Mostaqbal Watan, Mengani Pemilu Legislatif

lambang Partai Moqtabal Watan, Mesir. (Foto: Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Putaran pertama pemilihan umum legislatif Mesir, Partai Mostaqbal Watan (Masa Depan Tanah Air) yang pro pemerintah memenangkan 118 (sekitar 60 persen) dari 200 kursi yang diperebutkan. Otoritas Pemilihan Nasional (NEA) mengatakan Mostaqbal Watan memenangkan 68 kursi individu dan 50 kursi daftar partai.

Pada putaran kedua, 52 kandidat akan bersaing, di mana 24 di antara mereka berafiliasi dengan Mostaqbal Watan, empat dengan Partai Islamis Nour, tiga dengan Partai Wali Bangsa, dua dengan Partai Republik Rakyat, satu dengan Partai Kongres, satu dengan Partai Gerakan Nasional, dan satu dengan Partai Ittihad (serikat pekerja)," kata pernyataan NEA dikutip Al Ahram.

Pemilihan putaran kedua diselengarakan pada hari Minggu dan Senin (6-7/9) untuk warga Mesir di luar negeri memberikan suara. Sedangkan di Mesir dsielenggarakan pada hari Selasa dan Rabu (8-9/9) untuk 14 dari 27 provinsi Mesir, yaitu Qalioubiya, Damietta, Kafr El-Sheikh, Menoufiya, Beni Suef, Qena, Sohag, Luxor, Aswan, Giza, Assiut, Matrouh, Port Said, dan Ismailia.

Hossam El-Khouli, Wakil Ketua Mostaqbal Watan, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi pada hari Minggu (6/9) bahwa partai tersebut memenangkan 60 persen dari kursi yang diperebutkan pada putaran pertama. “Dari 74 calon perorangan yang meraih kursi pada putaran pertama, kami meraih 68 kursi, dan untuk Daftar Terpadu Nasional 100 calon yang memperebutkan kursi daftar partai, 50 calon berafiliasi dengan partai kami.

"Ini berarti kami memenangkan 118 kursi pada putaran pertama, dan pada putaran kedua kami memiliki jumlah kandidat terbesar: 24 dari total 52 kandidat. Kami berharap mendapatkan setidaknya 80 persen dari kursi yang diperebutkan."

Amr Hashem Rabie, pengamat politik Al-Ahram, mengatakan kemenangan Mostaqbal Watan di babak pertama relatif mudah. "Hampir diketahui sebelumnya bahwa Daftar Persatuan Nasional yang dipimpin oleh Mostaqbal Watan akan memenangkan 100 kursi dalam daftar partai yang diperebutkan karena tidak ada lawan," kata Rabie.

Dia menambahkan bahwa "Mostaqbal Watan menempatkan 50 calon pada Persatuan Nasional. Daftar dan menangkan semua kursinya. Mengenai 100 kursi perorangan yang diperebutkan, Mostaqbal Watan tampil bagus dengan meraih 68 kursi. Karena memiliki jumlah calon terbanyak di babak kedua, diharapkan bisa meraih kemenangan kedua, meski tidak semudah di babak pertama, "kata Rabie.

Pada putaran pertama Mostaqbal Watan memenangkan semua kursi individu di sembilan gubernur: Daqahliya, Fayoum, Minya, Beheira, Sharqiya, Lembah Baru, Suez, serta Sinai Utara dan Selatan. Ia juga memenangkan mayoritas kursi individu di gubernur Kairo, Qalioubiya, Gharbiya, Giza, Beni Suef, dan Alexandria.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home