Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 05:45 WIB | Selasa, 10 Maret 2020

Pasukan AS Mulai Ditarik dari Afghanistan

Pasukan AS Mulai Ditarik dari Afghanistan
Pelantikan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dijabatan kedua, Senin (9/3). (Foto: apnews.com)
Pasukan AS Mulai Ditarik dari Afghanistan
Abdullah Abdullah dalam upacara pelantikan presidennya sendiri, Senin (9/3). (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Di tengah kekacauan politik di Afghanistan, AS mulai menarik pasukan di negara itu pada hari Senin (9/3) sesuai dengan perjanjian kesepakatan damai antara AS-Afganistan dan AS-Taliban.

"Sesuai Deklarasi Bersama antara AS dan Republik Islam Afghanistan dan Perjanjian AS-Taliban, Pasukan AS Afghanistan (USFOR-A) telah memulai pengurangan pasukan menjadi 8.600 selama 135 hari. USFOR-A tetap mempertahankan semua sarana militer dan wewenang untuk mencapai tujuan kami -termasuk melakukan operasi kontraterorisme melawan al-Qaeda dan ISIS juga memberikan dukungan kepada Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan. USFOR-A berada di jalur untuk memenuhi tingkat kekuatan yang diarahkan sambil mempertahankan kemampuan yang diperlukan," kata Juru bicara Pasukan AS Afghanistan Kolonel Sonny Leggett dalam sebuah pernyataan.

AS, yang menginvasi Afghanistan dan menggulingkan rezim Taliban pada tahun 2001, menandatangani kesepakatan dengan kepemimpinan Taliban pada akhir Februari, berjanji untuk mengurangi kehadiran militernya. Tahap pertama akan melihat Pentagon memotong jumlah pasukan dari 12.000 menjadi 8.600 dalam enam bulan mendatang.

Kesepakatan itu juga menetapkan periode 14 bulan untuk penarikan "semua pasukan militer Amerika Serikat, sekutunya, dan mitra Koalisi, termasuk semua personil sipil non-diplomatik, kontraktor keamanan swasta, pelatih, penasihat, dan personel layanan pendukung."

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan bahwa AS akan menghentikan sementara penarikan dan menilai kembali situasi - tergantung apakah Taliban telah menjalankan kesepakatan - setelah jumlah pasukan dikurangi menjadi 8.600.

Sebelumnya pada hari Senin (9/3), Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang berkuasa menggelar pelantikannya di istana kepresidenan, disertai dengan utusan khusus AS Zalmay Khalilzad dan komandan militer AS di negara itu, Scott Miller. 

Sementara di lokasi lain tidak jauh dari istana kepresidenan, di Istana Sapedar saingan politik utamanya, Kepala Eksekutif Abdullah Abdullah yang menolak pelantikan Ghani itu mengadakan upacara pelantikan presidennya sendiri, di mana ia berjanji untuk "menjaga kemerdekaan, kedaulatan nasional, integritas wilayah" Afghanistan. Istana Sapedar adalah kantornya selama masa jabatannya sebagai kepala eksekutif Afghanistan di pemerintahan terakhir.

Ghani pada Februari secara tipis dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden tahun lalu, tetapi pemilu itu dipenuhi penundaan dan klaim kecurangan suara, kata komisi keluhan pemilihan umum negara itu. Abdullah sejak saat itu bersumpah untuk membentuk pemerintahan paralelnya sendiri.

Washington berharap untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung lebih dari 18 tahun - perang terpanjang dalam sejarah AS. Kebuntuan politik terbaru, bagaimanapun, menimbulkan kekhawatiran pertumpahan darah baru di Afghanistan, karena baik Abdullah maupun Ghani didukung oleh milisi bersenjata lengkap. (dw.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home