Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:13 WIB | Rabu, 14 September 2022

Pasukan Azerbaijan Serang Armenia, 49 Tentara Tewas

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, menyampaikan pidatonya di Majelis Nasional Armenia di Yerevan, Armenia, Selasa, 13 September 2022. Perdana Menteri Armenia mengatakan bahwa 49 tentara tewas dalam serangan malam hari oleh Azerbaijan. (Foto: Tigran Mehrabyan/PAN via AP)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Azerbaijan menembaki wilayah Armenia pada hari Selasa (13/9) dalam serangan skala besar yang menewaskan sedikitnya 49 tentara Armenia dan memicu kekhawatiran akan permusuhan yang lebih luas.

Azerbaijan dan Armenia telah terlibat dalam konflik puluhan tahun atas wilayah Nagorno-Karabakh, yang merupakan bagian dari Azerbaijan tetapi telah berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang separatis di sana berakhir pada tahun 1994.

Azerbaijan merebut kembali sebagian besar wilayah Nagorno -Karabakh dalam perang enam pekan pada tahun 2020 yang menewaskan lebih dari 6.600 orang dan berakhir dengan kesepakatan damai yang ditengahi Rusia.

Moskow, yang mengerahkan sekitar 2.000 tentara ke wilayah itu untuk melayani sebagai penjaga perdamaian di bawah kesepakatan itu, bergerak cepat untuk menengahi gencatan senjata pada Selasa (13/9) pagi, tetapi tidak segera jelas apakah itu bertahan.

Pertempuran meletus beberapa menit setelah tengah malam, dengan pasukan Azerbaijan melepaskan rentetan artileri dan serangan pesawat tak berawak di banyak bagian wilayah Armenia, menurut Kementerian Pertahanan Armenia.

Azerbaijan menuduh bahwa pasukannya membalas tembakan sebagai tanggapan atas "provokasi skala besar" oleh militer Armenia, mengklaim bahwa pasukan Armenia menanam ranjau dan berulang kali menembaki posisi militer Azerbaijan, yang mengakibatkan korban yang tidak ditentukan dan kerusakan infrastruktur militer.

Sekutu Azerbaijan, Turki, juga menyalahkan Armenia atas kekerasan tersebut. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyerukan Yerevan untuk menghentikan "provokasi" dan Menteri Pertahanan Hulusi Akar mengutuk "sikap agresif dan tindakan provokatif Armenia" setelah pembicaraan dengan rekan-rekan mereka di Baku.

Berbicara di parlemen pada hari Selasa pagi, Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, mengatakan bahwa penembakan Azerbaijan telah menewaskan sedikitnya 49 tentara Armenia.

Dia mengatakan tindakan Azerbaijan mengikuti pembicaraannya yang ditengahi Uni Eropa baru-baru ini di Brussel dengan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, yang mengungkapkan apa yang dia gambarkan sebagai sikap tanpa kompromi Azerbaijan.

Pashinyan menelepon Presiden Rusia, Vladimir Putin, semalam dan juga melakukan panggilan telepon dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, untuk membahas permusuhan.

Pemerintah Armenia mengatakan bahwa negara itu secara resmi akan meminta bantuan Rusia di bawah perjanjian persahabatan antara negara-negara dan juga mengajukan banding ke PBB dan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, aliansi keamanan yang didominasi Moskow dari negara-negara bekas Soviet yang mencakup Armenia.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menahan diri untuk tidak mengomentari permintaan Yerevan, tetapi menambahkan bahwa Putin “mengambil segala upaya untuk membantu meredakan ketegangan.”

Kementerian Luar Negeri Rusia mendesak kedua pihak “untuk menahan diri dari eskalasi lebih lanjut dan menahan diri” dan menyuarakan harapan bahwa gencatan senjata yang ditengahi oleh Moskow pagi ini akan berlangsung. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home