Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:09 WIB | Sabtu, 28 Januari 2023

Pasukan Israel Tewaskan Sembilan Warga Palestina di Tepi Barat

Warga Palestina melemparkan batu ke buldoser tentara Israel, selama konfrontasi di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki, pada hari Kamis, 26 Januari 2023. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Pasukan Israel dilaporkan menewaskan sedikitnya sembilan warga Palestina, termasuk seorang perempuan berusia 60 tahun, dan melukai beberapa lainnya dalam serangan di daerah titik nyala Tepi Barat yang diduduki pada hari Kamis (26/1), kata pejabat kesehatan Palestina, di salah satu hari paling mematikan dalam beberapa bulan kerusuhan.

Kekerasan itu terjadi selama apa yang digambarkan pejabat kesehatan Palestina sebagai operasi sengit di kamp pengungsi Jenin, kubu militan di Tepi Barat yang telah menjadi fokus serangan Israel selama hampir setahun.

Pertempuran itu terjadi beberapa pekan setelah pemerintahan baru Israel, yang paling sayap kanan, yang telah berjanji untuk mengambil garis keras terhadap Palestina dan meningkatkan pembangunan pemukiman di tanah yang dicari Palestina untuk negara yang mereka harapkan.

Itu juga terjadi beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, dijadwalkan tiba di wilayah tersebut dan mendorong langkah-langkah yang dapat meningkatkan kehidupan sehari-hari warga Palestina.

Militer Israel mengatakan sedang melakukan operasi untuk menangkap kelompok militan yang terkait dengan Jihad Islam Palestina, yang memiliki pijakan besar di kamp tersebut. Baku tembak meletus, di mana militer mengatakan pihaknya menargetkan militan yang terlibat dalam perencanaan dan melakukan serangan terhadap warga Israel.

Setidaknya satu dari yang tewas diidentifikasi oleh warga Palestina sebagai seorang militan.

Menteri Kesehatan Palestina, May Al-Kaila, mengatakan paramedis berjuang untuk menjangkau korban luka di tengah pertempuran. Dia juga menuduh militer menembakkan gas air mata ke bangsal anak sebuah rumah sakit, menyebabkan anak-anak tersedak. Militer tidak memberikan komentar segera.

Rumah sakit Jenin mengidentifikasi perempuan yang terbunuh itu sebagai Magda Obaid. Kementerian Kesehatan Palestina sebelumnya mengidentifikasi salah satu korban tewas sebagai Saeb Azriqi, 24 tahun, yang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis setelah ditembak, dan meninggal karena luka-lukanya.

Dan Brigade Martir Al-Aqsa-milisi bersenjata yang berafiliasi dengan Fatah, partai politik sekuler yang mengontrol Otoritas Palestina- mengklaim salah satu korban tewas, Izz al-Din Salahat, sebagai pejuang. Kementerian mengatakan sedikitnya 20 orang terluka.

Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Otoritas Palestina, mengutuk kekerasan itu, menyerukan masyarakat internasional untuk menentangnya.

Akram Rajoub, gubernur Jenin, mengatakan bahwa militer mencegah tim medis mengevakuasi yang terluka dan menembakkan gas air mata yang merembes ke rumah sakit pemerintah, mempengaruhi bayi dan mengganggu operasi.

“Kami meminta komunitas internasional membantu Palestina melawan pemerintah sayap kanan ekstremis ini dan melindungi warga negara kami,” katanya.

Ketegangan antara Israel dan Palestina telah melonjak sejak Israel meluncurkan serangan musim semi lalu, menyusul serentetan serangan Palestina yang menewaskan 19 orang, sementara putaran serangan lain di akhir tahun membawa korban tewas menjadi 30 orang.

Kekerasan hari Kamis membuat jumlah warga Palestina yang tewas tahun ini menjadi 29 orang. Hampir 150 warga Palestina tewas tahun lalu, menjadikan tahun 2022 sebagai yang paling mematikan sejak 2004, menurut kelompok hak asasi Israel B'Tselem.

Israel mengatakan sebagian besar yang tewas adalah militan. Tetapi para pemuda yang memprotes penyerangan dan lainnya yang tidak terlibat dalam konfrontasi juga telah dibunuh.

Israel mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan. Orang-orang Palestina mengatakan bahwa mereka semakin memperkuat pendudukan Israel selama 55 tahun tanpa akhir.

Israel merebut Tepi Barat, Yerusalem timur, dan Jalur Gaza dalam perang 1967, wilayah yang diklaim Palestina sebagai negara harapan mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home