Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:58 WIB | Selasa, 17 Januari 2023

Pasukan Rusia dan Belarusia Mulai Latihan Pertempuran Udara

Foto dari tangkapan layar video dari Kementerian Pertahanan Belarusia pada 19 Februari 2022, menunjukkan tentara Rusia (kiri) dan Belarusia (kanan) berjabat tangan selama latihan bersama angkatan bersenjata Rusia dan Belarusia. (Foto: dok. AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Rusia dan Belarus memulai latihan militer bersama pada hari Senin (16/1), yang telah memicu ketakutan di Kiev dan Barat bahwa Moskow dapat menggunakan sekutunya untuk melancarkan serangan darat baru di Ukraina.

Rusia menggunakan tetangganya Belarus sebagai batu loncatan untuk invasi ke Ukraina pada Februari lalu.

Kedua sekutu itu akan melakukan latihan angkatan udara mulai 16 Januari hingga 1 Februari menggunakan semua lapangan udara militer Belarusia dan memulai latihan militer gabungan yang melibatkan subdivisi brigade mekanik pada hari Senin, kata kementerian pertahanan Belarusia.

Minsk mengatakan latihan udara bersifat defensif dan tidak akan memasuki perang. “Kami mempertahankan pengekangan dan kesabaran, menjaga bubuk mesiu kami tetap kering,” kata Pavel Muraveyko, wakil sekretaris negara pertama Dewan Keamanan Belarusia, menurut sebuah postingan di aplikasi Telegram kementerian pertahanan Belarusia pada hari Minggu (15/1).

Muraveyko mengatakan situasi di perbatasan selatan negara itu dengan Ukraina "tidak terlalu tenang" dan bahwa Ukraina telah "memprovokasi" Belarusia.

“Kami siap untuk setiap tindakan provokatif dari pihak Ukraina,” katanya. Moskow menyangkal telah menekan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, untuk mengambil peran lebih aktif dalam konflik di Ukraina.

Ukraina terus memperingatkan kemungkinan serangan dari Belarusia dan Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan pekan lalu bahwa negara itu harus siap di perbatasannya dengan Belarusia.

Belarus telah melakukan banyak latihan militer sejak invasi dimulai, baik sendiri maupun bersama dengan Rusia. Bersama dengan Moskow, Minsk juga memperkuat latihan dengan persenjataan dan peralatan militer.

Saluran pemantauan militer Telegram tidak resmi telah melaporkan serangkaian pesawat tempur, helikopter, dan pesawat angkut militer yang datang ke Belarusia sejak awal tahun, delapan pesawat tempur dan empat pesawat kargo pada hari Minggu saja. Laporan tersebut belum dapat diverifikasi.

Kementerian pertahanan Belarusia hanya mengatakan bahwa "unit" angkatan udara Rusia telah tiba di Belarusia.

Korban Sipil Serangan Rusia

Ukraina melihat sedikit harapan untuk menarik lebih banyak orang yang selamat dari puing-puing sebuah blok apartemen di kota Dnipro pada hari Minggu, sehari setelah bangunan itu dihantam oleh serangan rudal besar-besaran pasukan Rusia, dengan puluhan orang diperkirakan tewas.

Valentyn Reznichenko, gubernur wilayah Dnipropetrovsk, mengatakan pada Senin bahwa 35 orang dipastikan tewas sejauh ini dan nasib 35 warga lainnya masih belum diketahui. “Pencarian orang di bawah reruntuhan terus berlanjut,” kata Reznichenko di aplikasi perpesanan Telegram.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan blok apartemen itu dihantam oleh rudal Kh-22 Rusia, yang diketahui tidak akurat dan Ukraina tidak memiliki pertahanan udara untuk ditembak jatuh. Rudal era Soviet dikembangkan selama Perang Dingin untuk menghancurkan kapal perang.

Moskow telah menggempur infrastruktur energi Ukraina dengan rudal dan drone sejak Oktober, menyebabkan pemadaman listrik dan gangguan pada pemanas sentral dan air yang mengalir.

Dalam pidato malamnya setelah serangan Dnipro, Zelenskyy meminta sekutu Barat untuk memasok lebih banyak senjata guna mengakhiri "teror Rusia" dan serangan terhadap sasaran sipil.

Pada hari Sabtu, Inggris mengikuti Prancis dan Polandia dengan janji senjata lebih lanjut, dengan mengatakan akan mengirim 14 tank tempur utama Challenger 2 serta dukungan artileri canggih lainnya dalam beberapa pekan mendatang.

Pengiriman pertama tank buatan Barat ke Ukraina kemungkinan besar akan dilihat oleh Moskow sebagai eskalasi konflik. Kedutaan Besar Rusia di London mengatakan tank-tank itu akan menunda konfrontasi.

Invasi Rusia, yang oleh Moskow disebut sebagai "operasi militer khusus", telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang terlantar, dan mengubah banyak kota menjadi puing-puing.

Gelombang Serangan Rudal

Di wilayah Donbas timur Ukraina, titik fokus upaya Rusia untuk merebut lebih banyak wilayah, pasukan Ukraina bertempur di sekitar kota tambang garam kecil Soledar.

Pasukan Rusia mengklaim telah menguasai kota itu, tetapi Ukraina bersikeras pada hari Minggu bahwa pasukannya berjuang untuk mempertahankan kota itu, dengan pertempuran jalanan berkecamuk dan pasukan Rusia bergerak maju dari berbagai arah.

“Sederhananya, pertempuran terus berlanjut,” kata Wakil Menteri Pertahanan, Hanna Maliar, di aplikasi Telegram. “Yang lainnya adalah informasi yang belum diverifikasi.”

Institut Studi Perang yang berbasis di Washington mengatakan sangat tidak mungkin pasukan Ukraina masih memegang posisi di dalam Soledar sendiri.

Laporan pagi Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina pada hari Senin (16/1) merinci gelombang lain lebih dari 55 serangan rudal dan roket Rusia dalam 24 jam terakhir.

Dikatakan 25 pemukiman di daerah Bakhmut, termasuk kota Soledar dan Bakhmut sendiri, terkena serangan, bersama dengan berbagai sasaran, ditermasuk infrastruktur sipil, di wilayah Zaporizhzhia, Dnipropetrovsk, dan Kherson. Reuters tidak dapat segera memverifikasi situasi di kota tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home