Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:14 WIB | Rabu, 26 Oktober 2022

Pasukan Rusia Menggali Lubang Pertahanan di Kherson, Ukraina

Prajurit Ukraina memeriksa parit yang digali oleh tentara Rusia di daerah yang direbut kembali di wilayah Kherson, Ukraina, Rabu, 12 Oktober 2022. (Foto: dok. AP)

KHERSON, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia sedang menggali lubang perlindungan untuk "pertempuran terberat" di wilayah selatan strategis di Kherson, kata seorang pejabat senior Ukraina, ketika Kremlin bersiap untuk mempertahankan kota terbesar di bawah kendalinya dari serangan balasan Ukraina.

Pasukan Rusia di wilayah tersebut telah diusir kembali dalam beberapa pekan terakhir dan berisiko terjebak di tepi barat sungai Dnipro, di mana ibu kota provinsi Kherson telah berada di tangan Rusia sejak hari-hari awal invasi ke Ukraina delapan bulan lalu.

Pihak berwenang yang ditempatkan Rusia sedang mengevakuasi penduduk ke tepi timur, tetapi Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, mengatakan tidak ada tanda bahwa pasukan Rusia bersiap untuk meninggalkan kota itu.

“Dengan Kherson semuanya jelas. Rusia sedang mengisi, memperkuat pengelompokan mereka di sana,” kata Arestovych dalam sebuah video online pada hari Selasa (25/10) malam. “Artinya tidak ada yang bersiap untuk mundur. Sebaliknya, pertempuran terberat akan terjadi untuk Kherson.”

Dari empat provinsi yang dicaplok oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada bulan September, Kherson bisa dibilang yang paling penting secara strategis. Ini mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang direbut Rusia pada tahun 2014 dan mulut Dnipro, sungai besar yang membelah Ukraina.

Yuri Sobolevsky, anggota dewan regional Kherson pro Ukraina yang digulingkan, mengatakan bahwa pihak berwenang yang dibentuk Rusia memberikan tekanan yang semakin besar pada penduduk Kherson untuk pergi. “Prosedur pencarian dan penyaringan semakin intensif seperti pencarian mobil dan rumah,” tulisnya di aplikasi pesan Telegram.

Di wilayah Mykolaiv utara dan barat kota Kherson, duel artileri berkecamuk sepanjang hari Selasa, menurut sebuah pos dari garis depan di Rybar, saluran pro Rusia di Telegram.

Di distrik Ishchenka utara Kherson, pasukan Ukraina mencoba untuk mengkonsolidasikan posisi mereka, tetapi dipaksa kembali ke garis sebelumnya, kata pos tersebut. Dikatakan militer Ukraina sedang mempersiapkan kemajuan di sepanjang garis depan.

Seorang wartawan Reuters di sebuah dusun terpencil dekat bagian dari garis depan Kherson mengatakan penduduk berharap pasukan Rusia akan segera mundur. "Anda tertidur di malam hari dan Anda tidak tahu apakah Anda akan bangun," kata Mikola Nizinets, 39 tahun, mengacu pada penembakan Rusia.

Tanpa listrik atau gas dan sedikit makanan atau air minum di daerah itu, banyak penduduk telah melarikan diri, meninggalkan ternak untuk berkeliaran di antara amunisi.

Rusia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa bahwa Ukraina sedang bersiap untuk menggunakan "bom kotor", sebuah pernyataan yang dibantah oleh pejabat Barat dan Ukraina sebagai dalih palsu untuk mengintensifkan perang.

Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB, Dmitry Polyanskiy, mengatakan bukti telah dibagikan dengan rekan-rekan Barat. "Saya tidak keberatan orang-orang mengatakan bahwa Rusia menangisi serigala jika ini tidak terjadi karena ini adalah bencana yang mengerikan dan mengerikan yang berpotensi mengancam seluruh Bumi," katanya kepada wartawan.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan tuduhan Rusia menunjukkan Moskow berencana menggunakan senjata nuklir taktis dan akan berusaha menyalahkan Kiev. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan Rusia akan "membuat kesalahan yang sangat serius" jika menggunakan senjata nuklir taktis.

Biden kemudian berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak, dan mereka sepakat tentang pentingnya mendukung Ukraina, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Sebagai tanggapan nyata atas tuduhan Moskow, pengawas nuklir PBB mengatakan sedang bersiap untuk mengirim inspektur ke dua situs Ukraina yang tidak dikenal atas permintaan Kiev, keduanya sudah diperiksa.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan kepada wartawan bahwa inspektur akan menerima akses penuh, dan dia meminta Moskow untuk menunjukkan transparansi yang sama.

Kantor berita negara Rusia RIA telah mengidentifikasi apa yang dikatakannya adalah dua situs yang terlibat: Pabrik Pengayaan Mineral Timur di wilayah Dnipropetrovsk tengah dan Institut Penelitian Nuklir di Kiev.

Sejak pasukan Rusia menderita kekalahan besar pada bulan September, Putin  memanggil ratusan ribu tentara cadangan, mengumumkan pencaplokan wilayah yang diduduki dan berulang kali mengancam akan menggunakan senjata nuklir. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home