Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:18 WIB | Selasa, 13 September 2022

Pasukan Rusia Mundur Terdesak Ketika Putin Rayakan 875 Tahun Kota Moskow

Seorang tentara Ukraina melewati tank Rusia yang rusak dalam pertempuran di wilayah yang baru saja dibebaskan di jalan menuju Balakleya di wilayah Kharkiv, Ukraina, Minggu, 11 September 2022. (Foto: AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika pasukan Rusia mundur di timur laut Ukraina di tengah serangan balasan sengit oleh Kiev, orang-orang Moskow merayakan ulang tahun ke-875 pendirian kota itu. Kembang api meledak dan Presiden Vladimir Putin meresmikan bianglala besar, jaringan transportasi baru dan arena olahraga.

Liburan akhir pekan yang meriah di ibu kota Rusia sangat kontras dengan bencana militer yang terjadi di Ukraina yang tampaknya mengejutkan Kremlin dalam perang yang hampir berlangsung selama tujuh bulan.

Penarikan pasukan yang cepat dan dilaporkan kacau di wilayah Kharkiv, di mana beberapa senjata dan amunisi tertinggal, merupakan pukulan besar bagi prestise Rusia. Itu adalah kekalahan militer terbesarnya di Ukraina sejak Moskow menarik kembali pasukannya dari daerah dekat Kiev setelah upaya yang gagal untuk merebut ibu kota di awal invasi.

Saat menghadiri perayaan liburan yang mencakup peresmian bianglala, yang lebih besar dari London Eye yang ikonik dan sekarang wahana hiburan terbesar di Eropa, Putin tidak mengatakan apa pun tentang momen penting di Ukraina.

Memang, serangan balik Ukraina tampaknya telah membuat Kremlin berjuang bagaimana untuk memberikan tanggapan.

Kementerian Pertahanan menyatakan penarikan pasukan itu dimaksudkan untuk memperkuat pasukan Rusia di Donbas, alasan yang agak lemah, mengingat bahwa wilayah yang dikuasai Rusia di wilayah Kharkiv memberikan titik pandang utama untuk operasi Moskow di wilayah Donetsk di selatan.

Kementerian belum menawarkan secara spesifik tentang mundurnya, tetapi merilis peta pada hari Minggu yang menunjukkan pasukan Rusia yang ditekan kembali di sepanjang sebidang tanah sempit di perbatasan dengan Rusia, pengakuan diam-diam dari keuntungan besar Ukraina.

Televisi pemerintah Rusia dan media lain yang dikendalikan pemerintah mengikutinya, menghindari penyebutan mundur secara langsung sambil memuji kinerja pasukan Rusia dalam episode pertempuran individu.

Sebuah video Kementerian Pertahanan menunjukkan sebuah helikopter tempur Rusia menyerang pasukan Ukraina yang mencoba menyeberangi Sungai Oskil di bagian yang sebelumnya tenang di wilayah Kharkiv, sebuah pengakuan atas skala luas dari serangan Ukraina yang sedang berlangsung.

Banyak orang di Rusia menyalahkan senjata dan pejuang Barat atas kemunduran itu. “Bukan Ukraina, tetapi semua NATO yang memerangi kami,” tulis Alexander Kots, koresponden perang untuk surat kabar pro Kremlin, Komsomolskaya Pravda.

Bisa Memicu Serangan Rusia Yang Lebih Keras

Serangan baru Ukraina, yang telah meningkatkan moral negara itu ketika perang berlangsung selama 200 hari pada hari Minggu (11/9), dapat mengatur panggung untuk keuntungan lebih lanjut di timur dan di tempat lain.

Tapi itu juga berpotensi memicu respons Moskow yang lebih keras, yang mengarah ke eskalasi permusuhan baru dan berbahaya. Pada Minggu malam, rudal Rusia menyerang target infrastruktur utama Ukraina, mematikan listrik di beberapa wilayah.

“Kremlin tampaknya tercengang, dan belum membuat rencana tentang bagaimana mencoba dan memutar ini, sehingga sebagian besar media mengabaikan berita buruk sampai mereka mendapatkan arahan,” kata Mark Galeotti, seorang profesor di University College, London, yang mengkhususkan diri dalam urusan keamanan Rusia.

Dia menggambarkan situasi itu sebagai “tanda bahwa kontrol negara atas narasi itu retak.”

Dalam cerminan ketegangan internal yang dipicu oleh keberhasilan Kiev, pemimpin regional Chechnya yang didukung Kremlin, Ramzan Kadyrov, secara terbuka mengkritik Kementerian Pertahanan Rusia atas “kesalahan” yang memungkinkan Ukraina memperoleh keuntungan.

Kritik dari Kadyrov, yang telah mengirim unit-unit Chechnya untuk berperang di Ukraina dan berulang kali mendorong tindakan yang lebih keras dalam bahasa kasar, telah mengungkapkan perpecahan baru selama tindakan di Ukraina.

Seruan untuk Negosiasi

Di sisi lain, politisi liberal Boris Nadezhdin memperingatkan pada penyiar NTV bahwa Rusia tidak akan mampu mengalahkan Ukraina, dan dia menyerukan negosiasi.

Pernyataan Nadezhdin, yang dibuat selama acara bincang-bincang yang diatur dengan hati-hati, tampaknya mencerminkan keraguan yang meluas di beberapa kalangan pejabat Rusia tentang masa depan operasi Ukraina dan dapat menjadi bagian dari upaya untuk mengambangkan kemungkinan perubahan kebijakan.

Serangan Ukraina dan kegagalan Kremlin untuk memberikan tanggapan cepat telah membuat marah para komentator nasionalis Rusia dan blogger militer, yang mengecam petinggi Kementerian Pertahanan karena gagal meramalkan dan menangkis serangan balasan.

Igor Strelkov, seorang perwira Rusia yang memimpin pasukan yang didukung Moskow pada bulan-bulan awal konflik separatis di Ukraina timur setelah meletus pada tahun 2014, mengecam pejabat tinggi militer Rusia sebagai "orang bodoh" karena meremehkan Kiev.

Strelkov menunjukkan bahwa pasukan Rusia yang cukup besar menumpulkan serangan Ukraina pada akhir Agustus dan awal September di selatan negara itu. Namun dia mengatakan jumlah pasukan di wilayah Kharkiv sangat tidak cukup untuk menangani serangan balasan.

“Ternyata musuh mampu secara simultan meningkatkan serangan skala besar di beberapa front, termasuk di mana kami hanya memiliki rantai pos terdepan yang berbaris di satu eselon bahkan dengan cadangan taktis yang hilang,” kata Strelkov.

Dia memperingatkan bahwa Ukraina dapat meluncurkan serangan baru di wilayah Donetsk selatan ke Mariupol. Kota di Laut Azov jatuh pada Mei setelah hampir tiga bulan pertempuran sengit, memberi Rusia koridor darat yang telah lama didambakan dari perbatasannya ke Semenanjung Krimea yang dicaplok Moskow pada 2014.

“Dengan inisiatif, semangat tempur yang tinggi, dan kelompok pasukan penyerang yang kuat, musuh tidak akan memberikan waktu kepada pasukan kami untuk berkumpul kembali,” kata Strelkov, seraya mencatat Ukraina akan mencoba memanfaatkan beberapa pekan cuaca baik yang tersisa sebelum hujan musim gugur membuat lebih sulit untuk bermanuver.

Mobilisasi di Ukraina

Banyak blogger militer mengkritik Kremlin karena gagal mengambil tindakan yang lebih kuat dan dengan keras kepala berusaha memenangkan apa yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus” dengan kekuatan terbatas yang lebih kecil dari Ukraina.

Ukraina telah melakukan mobilisasi yang luas dengan tujuan untuk mencapai militer aktif yang terdiri dari satu juta pejuang, tetapi Rusia terus mengandalkan kontingen sukarelawan yang terbatas, karena khawatir bahwa mobilisasi massa dapat memicu ketidakpuasan yang luas dan menyebabkan ketidakstabilan politik.

Rusia belum mengatakan berapa banyak pasukannya yang terlibat dalam perang, tetapi perkiraan Barat pada awalnya menempatkan pasukan penyerang hingga 200.000. Pengamat Barat mengatakan perekrutan sukarelawan baru dan penggunaan kontraktor militer swasta gagal untuk mengkompensasi kerugian besar.

Sementara Moskow belum melaporkan kerugiannya sendiri sejak Maret ketika mengatakan bahwa 1.351 tentara telah tewas dalam bulan pertama perang, perkiraan Barat menyebutkan jumlah korban mencapai 25.000 orang tewas, dengan yang terluka, ditangkap dan pembelot membawa kerugian Rusia secara keseluruhan menjadi lebih dari 80.000 orang.

Banyak blogger militer pro Moskow juga bertanya-tanya mengapa Rusia gagal menghancurkan pembangkit listrik Ukraina, fasilitas komunikasi dan jembatan di Sungai Dnieper yang merupakan saluran senjata Barat, bahan bakar dan pasokan lainnya ke garis depan. Mereka mengatakan serangan rudal Rusia terhadap fasilitas kereta api dan pembangkit listrik bersifat sporadis dan tidak cukup untuk menimbulkan kerusakan permanen.

Serangan rudal Minggu malam di pembangkit listrik Ukraina tampaknya menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu dalam sinyal yang jelas bahwa Moskow dapat meningkatkan serangan terhadap infrastruktur vital. Pihak berwenang Ukraina mengatakan pada hari Senin bahwa listrik dengan cepat dipulihkan ke sebagian besar wilayah.

Strelkov dan komentator nasionalis lainnya mendesak pukulan yang lebih kuat. “Itu perlu untuk menyerang infrastruktur kritis Ukraina sejak Hari Pertama operasi,” kata Strelkov di saluran aplikasi perpesanannya. “Penyerangan pada pembangkit listrik akan sangat berguna untuk memenangkan perang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home