Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:16 WIB | Minggu, 11 September 2022

Pasukan Ukraina Kuasai Penuh Kota Balakliia dari Rusia

Tentara Ukraina memegang bendera di atap di Kupiansk, Ukraina dalam gambar ini diperoleh dari media sosial yang dirilis pada 10 September 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Ukraina pada Sabtu akhirnya membentuk kendali penuh atas kota Balakliia, kata Wakil Menteri Pertahanan Hanna Malyar.

Malyar membuat pengumuman dalam sebuah pernyataan online, beberapa jam setelah Rusia mengumumkan akan menarik pasukannya.

Pasukan Ukraina di sepanjang garis depan selatan di beberapa daerah maju puluhan kilometer ke wilayah yang direbut oleh pasukan Rusia pada awal invasi, kata seorang juru bicara militer, hari Sabtu (10/9).

"Pasukan kami maju di sepanjang garis depan di selatan di berbagai bagian dari antara dua dan beberapa puluh kilometer," kata Nataliya Gumenyuk, juru bicara komando selatan tentara Ukraina kepada media lokal.

Secara terpisah pada hari Sabtu, pasukan Ukraina mengatakan mereka telah memasuki kota Kupiansk di Ukraina timur, pusat pasokan utama yang telah dikuasai oleh invasi pasukan Rusia selama beberapa bulan.

Tentara Kiev dalam beberapa hari terakhir telah mendorong lebih dalam ke timur negara itu, mengusir pasukan Rusia dalam serangan balasan yang menurut para pejabat telah melihat sekitar 30 kota dan desa di wilayah timur laut Kharkiv dibebaskan.

Pasukan khusus Ukraina menerbitkan gambar di media sosial, yang menurut mereka menunjukkan perwira mereka "di Kupiansk."

Seorang pejabat regional secara terpisah memposting gambar tentara Ukraina di kota Ukraina timur yang berpenduduk sekitar 27.000 orang di samping teks: "Kupiansk adalah Ukraina."

Kota itu direbut oleh pasukan Rusia kurang dari satu pekan setelah Moskow meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada 24 Februari. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home