Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:10 WIB | Jumat, 12 Mei 2023

Pasukan Ukraina Rebut Pusat Logistik Penting di Kota Bakhmut dari Pasukan Rusia

Anggota unit pertahanan udara Ukraina mendemonstrasikan tugas mereka di dekat Kiev pada Senin, 8 Mei 2023. Dari posisi tersamar, unit tersebut melesat dengan truk ke ladang pertanian di sekitar ibu kota, siap menjatuhkan drone atau rudal musuh. Sejak Rusia melanjutkan serangan udara reguler pada 28 April, unit tersebut memiliki skor sempurna, mencegat setiap tembakan drone dan rudal ke ibu kota. (Foto: dok. AP/Andrew Kravchenko)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Ukraina merebut pusat logistik penting di kota Bakhmut di Ukraina Timur.

Penilaian mereka datang ketika Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Kiev telah meningkatkan serangan di utara wilayah tersebut, dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (12/5).

Wilayah sepanjang dua kilometer (1,2 mil) yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina di selatan Bakhmut awal pekan ini merupakan keuntungan yang signifikan bagi Kiev dan akan melindungi rantai pasokan penting, menurut komandan Brigade Serangan Terpisah ke-3 Ukraina, unit pasukan khusus yang memimpin serangan itu.

Pertempuran untuk Bakhmut, yang dulunya merupakan kota penambangan garam, telah berlangsung selama delapan bulan, menjadikannya perang terlama sejauh ini.

Dalam sebuah pernyataan di Telegram pada hari Jumat, Hanna Maliar mengkonfirmasi bahwa pasukan Ukraina menguasai sekitar kota, mengulangi pernyataan dari komandan militer Ukraina awal pekan ini.

Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, yang memelopori pertempuran di Bakhmut, mengklaim bahwa front Rusia telah terungkap karena unit tentara melarikan diri.

Pejabat militer Ukraina menepis spekulasi bahwa pertempuran dan gerakan maju di Bakhmut menandakan bahwa serangan balasan yang sangat diantisipasi sedang berlangsung.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan, dalam sambutan yang disiarkan Kamis, bahwa Kiev menunda dorongan besar karena Ukraina tidak memiliki cukup senjata Barat. Komentar tersebut ditafsirkan oleh beberapa orang sebagai dirancang untuk membuat Rusia terus menebak-nebak tentang langkah Ukraina selanjutnya.

Penguatan dua kilometer dilakukan di dekat kanal Siversky-Donets, antara desa Ivanivske dan Kurdimivka, kata Rollo, komandan Batalyon Serangan ke-1 dari Brigade Serangan Terpisah ke-3, yang melakukan operasi tersebut. Dia berbicara dengan syarat dia dirujuk hanya dengan tanda panggilannya, sejalan dengan protokol militer Ukraina.

“Ini adalah jembatan musuh yang ingin mereka gunakan dalam serangan mereka di masa depan di sepanjang kanal, ke arah Kostiantynivka,” katanya. “Kami harus menetralkan musuh dan mendorong mereka ke sisi lain kanal.”

Seorang komandan lain dan seorang juru bicara militer menguatkan cerita ini.

Kostiantynivka adalah bagian dari rantai logistik penting yang mengarah ke kota Kramatorsk.

Rollo mengatakan kemenangan tersebut mengikuti operasi sukses lainnya, termasuk operasi yang mengamankan akses jalan dekat Khromove, utara Bakhmut, dan operasi lain yang memungkinkan pasukan Ukraina merebut kembali posisi yang hilang di Industrial College di dalam kota Bakhmut.

Serangan di selatan Bakhmut diikuti oleh peningkatan tindakan ofensif Ukraina yang dilaporkan di sepanjang poros Soledar di utara kota pada hari Kamis, kata Kementerian Pertahanan Rusia. Rusia memukul mundur total 26 serangan Ukraina yang dilakukan oleh lebih dari 1.000 tentara di sepanjang garis kontak 95 kilometer, kata kementerian itu, menambahkan bahwa hingga 40 tank terlibat.

Pertempuran yang lambat dan sengit untuk Bakhmut telah memakan banyak korban di kedua belah pihak, dengan Ukraina berkomitmen untuk menyangkal kemenangan teritorial Rusia meskipun signifikansi strategis marginal di kawasan itu. Pasukan Ukraina ditempatkan di dalam kota, sementara pasukan Rusia menyerang dari utara, timur dan selatan.

Sementara itu setidaknya dua warga sipil tewas dan 22 orang terluka di tempat lain di Ukraina dalam 24 jam sebelum Jumat pagi, menurut angka dari Kantor Presiden Ukraina.

Pavlo Kyrylenko, gubernur Provinsi Donetsk, mengatakan serangan Rusia menghantam kota Kramatorsk, tempat beberapa unit militer Ukraina bermarkas, menghancurkan sebuah sekolah dan bangunan tempat tinggal. Secara total, penembakan Rusia melanda 11 kota dan desa di wilayah tersebut, menewaskan 12 warga sipil, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home