Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 16:42 WIB | Jumat, 07 Oktober 2022

Patriark Gereja Ortodoks pada Putin: Tuhan Menempatkan Anda Pegang Kekuasaan

Pemimpin Ortodoks Rusia itu memberi tahu Putin pada ulang tahun ke-70.
Foto yang dirilis oleh Layanan Pers Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Gereja Ortodoks Rusia Kirill, kiri, memimpin kebaktian Paskah didampingi oleh Presiden Vladimir Putin, latar belakang kanan, di Katedral Kristus Juru Selamat di Moskow, Rusia, Minggu pagi, 24 April , 2022. (Foto: Oleg Varov/Layanan Pers Gereja Ortodoks Rusia via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, kembali mengeluarkan pernyataan kotroversial dan dukungan pada Presiden Vladimir Putin yang mengobaran perang di Ukraina.

Dia mengatakan pada hari Jumat (7/10) bahwa pemerintahan Vladimir Putin atas Rusia telah diamanatkan oleh Tuhan, dan dia mengucapkan selamat kepada kepala Kremlin pada hari ulang tahunnya yang ke-70.

“Tuhan menempatkan Anda dalam kekuasaan sehingga Anda dapat melakukan layanan yang sangat penting dan tanggung jawab besar untuk nasib negara dan orang-orang yang dipercayakan kepada Anda,” kata patriark, bergabung dengan paduan suara pejabat Rusia yang memberi selamat kepada Putin.

Sang patriark memuji Putin karena “mengubah citra Rusia, memperkuat kedaulatan dan kemampuan pertahanannya, melindungi kepentingan nasionalnya.”

Kirill berharap "kesehatan dan umur panjang" kepada presiden Rusia yang telah berkuasa selama lebih dari 20 tahun.

Dia juga meminta jamaat gereja Ortodoks Rusia di seluruh negeri untuk berdoa bagi kesehatan Putin.

“Anda mendapatkan reputasi sebagai pemimpin nasional yang tanpa pamrih mengabdi pada Tanah Air, dengan tulus mencintai Tanah Air dan memberikan semua kekuatannya untuk itu,” kata sang patriark. Kirill juga berharap dia "kekuatan tak henti-hentinya dan bantuan berlimpah dari Tuhan".

Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia sejak 2009, Kirill telah menjadi pendukung vokal operasi militer di Ukraina. Dia memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Putin, mendukung perlawanan nilai-nilai konservatif atas liberalisme Barat. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home