Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 11:58 WIB | Senin, 16 Mei 2022

Patron, Anjing Pelacak Bom, Pahlawan Ukraina

Patron, Anjing Pelacak Bom, Pahlawan Ukraina
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menghadiahkan anjing penjaga "Paton" selama konferensi pers, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di Kiev, Ukraina, 8 Mei 2022. (Foto: Layanan pers kepresidenan Ukraina)
Patron, Anjing Pelacak Bom, Pahlawan Ukraina
Foto yang diterbitkan 19 April 2022, seekor anjing pelacak bom Ukraina, Patron, terlihat berdiri di atas cangkang di Ukraina. (Foto: Layanan Darurat Negara Ukraina)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Seekor anjing jenis Jack Russell Terrier berusia dua tahun bernama Patron, yang bekerja untuk mengendus bahan peledak berbahaya di Ukraina, telah menjadi selebriti internet di negara yang dilanda perang dan di seluruh dunia.

Patron, bahasa Ukraina untuk "pelindung peluru" telah membantu membersihkan sekitar 90 alat peledak bersama cabang Chernihiv dari Layanan Darurat Negara Ukraina (SES), kata para pejabat.

Kota Chernihiv di Ukraina utara dikepung oleh pasukan Rusia selama lebih dari sebulan sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari. Tentara Rusia menembaki penduduk kota dengan serangan udara dan serangan, sebelum mundur pada awal April.

Video yang dibagikan oleh pihak berwenang menunjukkan anjing kecil itu sedang bertugas, mengenakan rompi pelindung dan berjalan-jalan dengan moncongnya ke tanah, mencari ranjau dan cangkang yang ditinggalkan oleh tentara Rusia.

“Terima kasih, temanku, atas pekerjaanmu yang tak kenal lelah!” kata SES dalam posting media sosial baru-baru ini.

Patron telah menjadi pahlawan bagi orang Ukraina dan banyak orang lain di seluruh dunia, dengan beberapa berbagi gambar meme Jack Russell Terrier kecil. Lukisan, gambar, dan kartun menggambarkan Patron yang heroik dengan rompi khasnya.

"Ini memotivasi untuk tidak menyerah, tidak peduli seberapa sulitnya, untuk menjaga standar tinggi dan berjuang dengan kekuatan baru, mengetahui berapa banyak orang yang masih menunggu bantuan dan berapa banyak orang yang percaya pada kami," kata layanan itu dalam sebuah posting.

Sementara Ukraina memiliki beberapa anjing pelacak bom, SES menggambarkan Patron sebagai maskot regu pencari ranjau Chernihiv. "Patron kami membuat cakarnya sibuk dan berterima kasih kepada Anda semua," kata layanan itu dalam sebuah posting bulan lalu.

“Pahlawan hebat datang dalam berbagai ukuran. Tetap setia pada diri sendiri, percaya pada pembela kami, dalam kemenangan kami,” tambahnya.

Pusat Komunikasi Strategis Ukraina mengatakan bulan lalu bahwa “suatu hari, kisah Patron akan diangkat dalam film, tetapi untuk saat ini, dia dengan setia melakukan tugas profesionalnya.”

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menghadiahi medali pada Patron atas jasanya selama invasi Rusia. Patron menjadi pahlawan nasional, dihormati oleh Zelenskyy dalam upacara yang juga dihadiri oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menurut laporan BBC News.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menghadiahkan anjing penjaga "Patron" selama konferensi pers, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di Kiev, Ukraina pada 8 Mei 2022.

"Saya ingin memberikan penghargaan kepada para pahlawan Ukraina yang telah membersihkan tanah kami dari ranjau," kata Zelenskyy pada upacara tersebut. Dia mengatakan Patron tidak hanya membantu menetralisir bahan peledak, tetapi juga mengajarkan anak-anak kita aturan keselamatan yang diperlukan di daerah di mana ada ancaman ranjau. (AP/Times of Israel/BBC News/ABC)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home