Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 23:36 WIB | Jumat, 17 Maret 2017

Patung yang Ditemukan di Kairo Kemungkinan Firaun Psammetich I

Patung yang diyakini merupakan Raja Psammetich (Psamtik I), dipamerkan di museum Mesir di Kairo pada 16 Maret 2017. (Foto: AFP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Sebuah patung besar kuno ditemukan di Kairo pada pekan lalu yang kemungkinan adalah patung firaun terkenal Psammetich I, ungkap Kementerian Purbakala Mesir pada Kamis (16/3).

Bagian-bagian dari patung kuarsit dengan tinggi delapan meter tersebut ditemukan oleh tim gabungan para arkeolog Jerman dan Mesir di lokasi sebuah kuil kuno Raja Ramses II, sekarang menjadi sebuah distrik kelas pekerja di Kairo.

Namun, hieroglif bagian-bagian patung tersebut menunjukkan kepada Psammetich I, yang berkuasa pada 664 hingga 610 SM, kata pernyataan tersebut.

Menteri Purbakala Khaled el Enany mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa hieroglif tersebut mengatakan "Tangan Kuat" -salah satu nama dari Dinasti Firaun ke-26.

Namun, "kami tidak mengonfirmasi 100 persen bahwa itu milik Psammetich I" katanya kepada para wartawan di Museum Kairo, tempat bagian-bagian patung itu ditemukan.

Bagian-bagian patung yang ditemukan adalah bagian kepala dan dada. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home