Loading...
RELIGI
Penulis: Melki 03:01 WIB | Jumat, 06 Januari 2023

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal, PGI Berduka

KOTA VATIKAN, SATUHARAPAN.COM- Vatikan umumkan wafatnya Paus Benediktus XVI hari ini, Sabtu (31/12). 

Pemimpin Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan pada 2005-2013 tersebut wafat di usia 95 tahun.

Bernama asli Joseph Ratzinger, ia merupakan Paus pertama yang mundur dalam 600 tahun terakhir, menjadikannya sebagai "Paus Emeritus".

Keputusannya untuk mengundurkan diri pada Februari 2013 silam mengejutkan dunia. Ia mundur karena alasan kesehatan, dan setelahnya tetap tinggal di Vatikan.

Fransiskus kemudian terpilih menjadi Paus berikutnya, menggantikan Benediktus XVI.

Sebelumnya, Paus Fransiskus pekan ini sempat mengabarkan kondisi Benediktus XVI yang "sakit berat", dan meminta umat mendoakannya.

Upacara pemakaman akan diadakan di Vatikan.

Belasungkawa Ketum PGI atas Wafatnya Paus Emeritus Benedictus XVI

Pdt Gomar Gultom, Ketua Umum PGI menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Paus Emeritus Benedictus XVI, pada usia 95, hari ini (31/12) di Vatican's Mater Ecclesiae Monastery.

"Atas nama gereja-gereja di Indonesia, saya menyampaikan duka mendalam. Beliau telah mengakhiri pertandingannya dan kini dimahkotai mahkota kehidupan," kata Pendeta Gomar dalam keterangan resmi yang diterima satuharapan.com, Sabtu sore (31/12).

Gomar mengenang beliau sebagai sosok yang teguh mempertahankan kemurnian ajaran gereja. Meski terkesan ortodoks, dengan kegigihannya menentangi pemikiran para teolog progresif seperti teologi pembebasan, dan penolakannya atas aborsi, eutanasia dan LGBT.

"Beliau sangat terbuka dan mendorong dialog antar gereja, dan bahkan antar agama," kata Gomar.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home