Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:09 WIB | Senin, 31 Oktober 2016

Paus Fransiskus Doakan Italia yang Dilanda Gempa Kali Kedua

Ilustrasi: Gempa bumi berkekuatan 6,2 pada skala richter meluluhlantakkan sebuah bangunan ibadah di Amatrice, Italia bagian Tengah, Agustus lalu. (Foto: Dok satuharapan.com/ANSA)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransìskus pada hari Minggu (30/10) mengungkapkan rasa duka cita kepada semua orang yang terkena dampak gempa bumi yang melanda Italia tengah, hari Sabtu (29/10). Dia meminta perlindungan Santa Maria bagi warga Italia yang dilanda gempa tersebut.

“Saya menyampaikan simpati dan solidaritas kepada korban gempa Italia tengah," kata Paus setelah melantunkan doa Angelus, seperti diberitakan Catholic News Agency, pada hari Minggu.

"Bahkan pagi ini saya merasa ada guncangan yang kuat. Saya berdoa untuk mereka yang terluka dan untuk mereka yang keluarganya mengalami penderitaan karena kerusakan infrastruktur yang cukup besar, dan untuk personel yang terlibat dalam penyelamatan dan bantuan,” kata dia. 

Dalam catatan Wikipedia, Doa Angelus atau Doa Malaikat Tuhan, berasal dari bahasa Latin “Angelus Domini nuntiavit Mariae”, dinaikkan tiga kali dalam sehari, pada pagi hari, siang hari dan sore hari, ketika lonceng dibunyikan. "Tuhan yang membangkitkan dan memberi mereka kekuatan, dan Santa Maria yang akan menjaga kehidupan mereka," kata dia. 

Menurut BBC News yang dikutip ulang Catholic News Agency, gempa yang berpusat di dekat Kota Norcia, Italia bagian tengah memiliki kekuatan 6,6 skala richter. Kekuatan gempa tersebut lebih besar daripada gempa yang melanda kota di Italia tengah lainnya, Amatrice, yakni 6,2 skala Richter, pada 24 Agustus lalu.

Gempa tersebut berada di kedalaman 9 mil, dan gempa tersebut dirasakan hingga ibu kota Italia, Roma, dan kota di sebelah utara, Venezia. Sejumlah warga dilaporkan mengalami luka-luka, namun sejauh ini tidak ada laporan kematian. Banyak penduduk setempat dievakuasi dari Norcia setelah dua gempa kecil yang terjadi pada 26 Oktober.

Gempa di Norcia mengakibatkan sejumlah gedung mengalami kerusakan, salah satunya yakni Basilika Santo Benediktus di Norcia, yang menurut tradisi dibangun di atas situs tempat kelahiran orang suci Katolik, Santo Benediktus dari Nursia dan Santa Perawan Skolastika telah hancur. 

Selain itu, menurut kantor berita Italia, ANSA, bagian luar tembok dari basilika Roma St Paulus dan St Lawrence  mengalami beberapa kerusakan kecil, sehingga saat ini ditutup untuk pemeriksaan kerusakan. (catholicnewsagency.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home