Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 13:20 WIB | Senin, 06 Februari 2017

Paus Fransiskus Harap Olahraga Majukan Perdamaian

Ilustrasi: Paus Fransiskus tiba untuk bertemu dengan penduduk di Italia tengah yang dilanda gempa bumi, di aula Paus Paulus IV, di Vatikan, 5 Januari 2017. (Foto: voaindonesia.com/AP Photo/Andrew Medichini).

HOUSTON, SATUHARAPAN.COM – Saat jutaan mata penggemar sepak bola a la Amerika Serikat (AS) memusatkan perhatian kepada masing-masing tim favorit di Super Bowl akhir pekan ini, Paus Fransiskus berharap laga sepakbola khas AS itu akan menjadi bahan perenungan untuk terciptanya perdamaian dan persahabatan dunia.

“Acara olahraga besar seperti Super Bowl ini adalah suatu hal yang simbolis, karena laga itu menunjukkan pertemuan budaya  dunia yang damai,” kata Paus Fransiskus.

Pesan tersebut disampaikan Paus Fransiskus dalam bentuk video yang telah direkam, dan disiarkan untuk kali pertama dalam laga Super Bowl, yang mempertemukan antara New England Patriots menghadapi Atlanta Falcons di Houston, Amerika Serikat, pada hari Minggu (5/2).

“Dengan berpartisipasi dalam olahraga, kita mampu melampaui kepentingan kita sendiri, dan dengan cara yang sehat, kita belajar berkorban, untuk tumbuh dalam kesetiaan dan menghormati aturan,” kata dia.

Paus Fransiskus adalah penggemar fanatik olahraga, di kampung halamannya, Argentina, negara yang terkenal  dengan sepak bola. “Semoga tahun ini Super Bowl menjadi tanda perdamaian, persahabatan, dan solidaritas kepada dunia.”

Super Bowl

Super Bowl, menurut Wikipedia, adalah pertandingan final sepak bola Amerika yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL (National Football League) di AS. Dua tim terbaik dari masing-masing divisi (disebut conference) bertanding untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi. Pertandingan itu dan perayaan seputar Super Bowl disebut Super Bowl Sunday.

Super Bowl pertama kali dipertandingkan 15 Januari 1967 sebagai bagian dari perjanjian penggabungan antara NFL dan liga saingannya yang bernama AFL (American Football League).

Pada akhir musim pertandingan, juara dari masing-masing liga dulunya harus berhadapan dalam "Pertandingan Kejuaraan Dunia AFL-NFL". Setelah AFL dan NFL digabung pada tahun 1970, Super Bowl berubah menjadi pertandingan perebutan gelar juara NFL.

Pada awalnya, pertandingan dilakukan setahun sekali pada hari Minggu sesudah babak playoff sekitar awal hingga pertengahan Januari, tetapi digeser ke akhir Januari, dan sekarang diadakan di minggu pertama di bulan Februari.

Super Bowl adalah salah satu tayangan televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Pemasang iklan menghabiskan jutaan dolar AS untuk memasang iklan selama pertandingan. (huffingtonpost.com/wikipedia.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home