Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:38 WIB | Senin, 22 Maret 2021

Paus Fransiskus: Mafia Adalah Organisasi Dosa

Paus Fransiskus. (Foto: dok. Reuters)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus melancarkan serangan baru terhadap mafia pada hari Minggu (21/3), hari peringatan Italia bagi para korban massa, menggambarkan mafia sebagai "organisasi dosa" yang telah mengeksploitasi pandemi virus corona.

“Mafia hadir di berbagai belahan dunia, dan mengeksploitasi pandemi, telah memperkaya diri mereka sendiri melalui korupsi,” kata Paus dalam pidato mingguan Angelus hari Minggu.

Mengacu pada pendahulunya sebagai kepala gereja Katolik, dia menambahkan: “Santo Yohanes Paulus II mencela budaya kematian mereka, dan Benediktus XVI mengecam mereka sebagai jalan kematian.

“Organisasi dosa ini, struktur mafia, menukar iman untuk menjadi penyembahan berhala, bertentangan dengan Injil Kristus. Hari ini kami mengingat semua korban dan memperbarui komitmen kami melawan mafia."

Dalam misa terbuka di Sisilia pada September 2018, selama perjalanan untuk menghormati seorang imam yang dibunuh oleh massa 25 tahun sebelumnya, Paus Fransiskus mengecam mereka yang menjadi anggota mafia sebagai "penghujatan."

Permohonannya yang berapi-api menggemakan kata-kata Jean Paul II yang, selama perjalanan pada Mei 1993 ke pulau itu, juga meminta mafia untuk meninggalkan kejahatan, dan mendesak orang Sisilia untuk memberontak melawan mafia.

Organisasi anti mafia Italia, Libera, telah bertahun-tahun mengenang para korban kejahatan terorganisir pada 21 Maret, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini telah resmi menjadi hari peringatan nasional.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Presiden Italia, Sergio Mattarella, mengatakan: "Memberantas mafia adalah mungkin dan perlu." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home