Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:36 WIB | Sabtu, 07 Januari 2023

Paus Fransiskus Pimpin Misa Pemakaman Benediktus

Paus Fransiskus Pimpin Misa Pemakaman Benediktus
Paus Fransiskus, tengah, duduk saat peti jenazah mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI dibawa ke Lapangan Santo Petrus untuk misa pemakaman di Vatikan, Kamis, 5 Januari 2023. (Foto: AP/Alessandra Tarantino)
Paus Fransiskus Pimpin Misa Pemakaman Benediktus
Dalam gambar yang dirilis pada Kamis, 5 Januari 2023, oleh layanan berita Media Vatikan, Paus Fransiskus menyentuh peti jenazah mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI setelah misa pemakaman mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Kamis, 5 Januari 2023. (Foto: Vatikan Media via AP)
Paus Fransiskus Pimpin Misa Pemakaman Benediktus
Umat menghadiri misa pemakaman mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Kamis, 5 Januari 2023. (Foto: AP/Ben Curtis)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus bergabung dengan puluhan ribu umat dalam mengucapkan selamat tinggal kepada Benediktus XVI pada Misa peringatan yang jarang terjadi pada hai Kamis (5/1) untuk seorang paus yang telah meninggal, mengakhiri dekade yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Gereja Katolik yang dipicu oleh peristiwa itu. Keputusan teolog Jerman itu untuk pensiun.

Lonceng berdentang dan kerumunan bertepuk tangan saat para pengusung jenazah muncul dari Basilika Santo Petrus yang diselimuti kabut dan menempatkan peti mati cemara sederhana Benediktus di depan altar di alun-alun di luar. Mengenakan jubah merah khas pemakaman kepausan, Fransiskus membuka kebaktian dengan doa dan menutupnya dengan memberkati peti mati dan menundukkan kepalanya.

Di sela-sela itu, Fransiskus hanya membuat referensi sekilas tentang Benediktus dalam homilinya, menyampaikan meditasi tentang Kristus alih-alih pidato warisan pendahulunya sebelum peti mati disegel dan dimakamkan di gua basilika.

Kepala negara dan keluarga kerajaan, pastor dari seluruh dunia dan ribuan orang biasa berbondong-bondong ke upacara tersebut, meskipun Benediktus meminta kesederhanaan dan upaya resmi untuk menjaga agar pemakaman pertama paus emeritus di zaman modern tetap sederhana.

Banyak pelayat berasal dari penduduk asli Benediktus, Bavaria, dan mengenakan pakaian tradisional, termasuk mantel wol rebus untuk melindungi dari dinginnya pagi.

“Kami datang untuk memberi penghormatan kepada Benediktus dan ingin berada di sini hari ini untuk mengucapkan selamat tinggal,” kata Raymond Mainar, yang melakukan perjalanan dari sebuah desa kecil di sebelah timur Munich untuk menghadiri pemakaman. “Dia adalah paus yang sangat baik.”

Mengabaikan himbauan kesopanan di akhir acara, beberapa massa menggelar spanduk atau meneriakkan “Santo Subito!”, “Kesucian Sekarang!”, menggemakan nyanyian spontan yang meletus ketika  pemakaman St. Yohanes Paulus II tahun 2005.

Mantan Joseph Ratzinger, yang meninggal pada 31 Desember pada usia 95 tahun, dianggap sebagai salah satu teolog terbesar abad ke-20 dan menghabiskan seumur hidupnya untuk menjunjung tinggi doktrin gereja. Tapi dia akan turun dalam sejarah untuk satu tindakan revolusioner yang mengubah masa depan kepausan: Dia pensiun, paus pertama dalam rentang enam abad.

Fransiskus memuji keberanian Benediktus untuk menyingkir, dengan mengatakan itu "membuka pintu" bagi paus lain untuk melakukan hal yang sama. Tetapi hanya sedikit orang, termasuk Benediktus sendiri, yang memperkirakan masa pensiunnya selama 10 tahun akan bertahan lebih lama dari kepausannya selama delapan tahun, dan hidup bersama dua paus yang berkepanjangan di Taman Vatikan memicu seruan untuk protokol pengunduran diri di masa depan.

Tamu Undangan

Sekitar 50.000 orang menghadiri Misa hari Kamis, menurut Vatikan, setelah sekitar 200.000 memberikan penghormatan selama tiga hari.

Hanya Italia dan Jerman yang diundang untuk mengirimkan delegasi resmi, tetapi para pemimpin lain menerima tawaran Vatikan dan datang dalam “kapasitas pribadi” mereka. Mereka termasuk beberapa kepala negara dan pemerintahan, delegasi perwakilan kerajaan, sejumlah patriark dan 125 kardinal.

Di antara mereka yang hadir adalah Kardinal Joseph Zen dari Hong Kong, yang diberi izin pengadilan khusus untuk menghadiri pemakaman. Zen ditahan pada bulan Mei karena dicurigai berkolusi dengan pasukan asing di bawah undang-undang keamanan nasional China setelah dia berselisih dengan pihak berwenang atas partisipasinya dalam gerakan demokrasi yang sekarang dibungkam. Paspornya dicabut saat dia ditahan.

Orang-orang terdekat Benediktus juga hadir, terutama mantan sekretaris lama paus, Uskup Agung Georg Gaenswein. Dia membungkuk dan mencium kitab Injil yang dibiarkan terbuka di peti mati sebelum upacara dimulai.

Setelah selesai, peti mati dibawa ke gua basilika, pertama-tama ditempatkan di peti mati seng, disegel, lalu ditempatkan di kayu ek.

Himne paduan suara bergema di ruang bawah tanah saat peti mati diturunkan ke tanah, menampilkan lambang kepausan Benediktus, sebuah salib dan sebuah plakat bertuliskan dalam bahasa Latin yang berisi tubuhnya: "Corpus Benedicti XVI PM," untuk "pontifex maximus" atau "paus tertinggi."

Matteo Colonna, seorang seminaris berusia 20 tahun dari Teramo, Italia, mengatakan bahwa dia datang ke Roma sebagian karena sifat historis dari pemakaman tersebut, tetapi juga karena itu memiliki resonansi pribadi baginya.

“Percikan pertama panggilan saya dimulai di bawah kepausan Benediktus, tetapi kemudian menjadi lebih kuat di bawah Paus Fransiskus,” kata Colonna, sambil duduk berdoa di Lapangan Santo Petrus saat fajar. “Saya melihat kesinambungan antara kedua paus ini dan fakta bahwa hari ini Fransiskus merayakan pemakaman untuk mengenang Benediktus adalah sebuah peristiwa sejarah.”

Tetapi kebaktian itu juga penting karena kekurangannya: perasaan tidak pasti yang biasanya menyertai meninggalnya seorang paus sebelum yang baru terpilih. “Benediktus telah menjadi jembatan antara Johanes Paulus dan Fransiskus,” kata Alessandra Aprea, 56 tahun dari Meta di Sorrento dekat Naples. "Kita tidak bisa memiliki Fransiskus tanpa dia."

Perjalanan Kepausan Benediktus

Kamis pagi Vatikan merilis sejarah resmi Kehidupan Benediktus, sebuah dokumen pendek dalam bahasa Latin yang ditempatkan dalam sebuah silinder logam di dalam peti matinya sebelum disegel, bersama dengan koin dan medali yang dicetak selama masa kepausannya dan stola palliumnya.

Dokumen tersebut memberi banyak perhatian pada pengunduran diri bersejarah Benediktus dan menyebutnya sebagai "paus emeritus," mengutip kata demi kata dalam bahasa Latin yang dia ucapkan pada 11 Februari 2013, ketika dia mengumumkan akan pensiun.

Dokumen tersebut, yang dikenal sebagai "rogito" atau akta, juga mengutip warisan teologis dan kepausannya, termasuk upayanya untuk memerangi pelecehan seksual oleh pastor "terus-menerus menyerukan gereja untuk bertobat, berdoa, penebusan dosa, dan penyucian."

Fransiskus tidak menyebut warisan Benediktus dalam homilinya dan hanya menyebut namanya sekali, di baris terakhir, sebagai gantinya menyampaikan renungan tentang kesediaan Yesus untuk mempercayakan dirinya pada kehendak Tuhan.

“Berpegang teguh pada kata-kata terakhir Tuhan dan kesaksian sepanjang hidup-Nya, kita juga, sebagai komunitas gerejawi, ingin mengikuti jejaknya dan menyerahkan saudara kita ke tangan Bapa,” kata Fransiskus.

Selama seperempat abad St. Yohanes Paulus II sebagai paus, Ratzinger mempelopori tindakan keras terhadap perbedaan pendapat sebagai prefek Kongregasi Ajaran Iman, mengambil tindakan terhadap teologi pembebasan berhaluan kiri yang menyebar di Amerika Latin pada tahun 1970-an dan menentang perbedaan pendapat teolog dan biarawati yang tidak mematuhi garis keras Vatikan dalam hal-hal seperti moral seksual.

Warisannya dirusak oleh krisis pelecehan seksual oleh pastor, meskipun dia mengenali lebih awal dari kebanyakan "kotoran" pastor yang memperkosa anak-anak, dan benar-benar meletakkan dasar bagi Tahta Suci untuk menghukum mereka.

Sebagai kardinal dan paus, dia mengesahkan undang-undang gereja yang mengakibatkan 848 imam dicopot dari tahun 2004 hingga 2014, kira-kira masa kepausannya dengan satu tahun di kedua ujungnya. Tetapi para penyintas pelecehan masih menganggapnya bertanggung jawab, karena gagal memberikan sanksi kepada uskup mana pun yang memindahkan pelaku, menolak untuk mengamanatkan pelaporan kejahatan seks kepada polisi dan mengidentifikasi dia sebagai perwujudan sistem klerikal yang telah lama melindungi institusi tersebut dari para korban.

Mike McDonnell dari kelompok penyintas pelecehan di Amerika Serikat, SNAP,  mengatakan sementara Benediktus mengesahkan undang-undang kanon baru, dia bisa berbuat lebih banyak untuk mempengaruhi Johanes Paulus agar mengambil tindakan tegas. Mengacu pada nama panggilan Benediktus sebagai "Rottweiler Tuhan", dia berkata: "Dalam pandangan kami, itu adalah gonggongan anjing tanpa gigitan. Tentu saja dia bisa berbuat lebih banyak.”

Sebuah kelompok yang mewakili para penyintas pelecehan seksual oleh pastor Jerman meminta pejabat Jerman yang menghadiri pemakaman Benediktus untuk menuntut lebih banyak tindakan dari Vatikan terhadap pelecehan seksual. Eckiger Tisch meminta para pemimpin untuk menuntut agar Fransiskus mengeluarkan "hukum gereja universal" yang menetapkan toleransi nol dalam menangani pelecehan oleh pastor.

Ritual pemakaman itu sendiri meniru kode yang digunakan untuk paus yang meninggal tetapi dengan beberapa modifikasi karena Benediktus bukanlah paus yang berkuasa ketika dia meninggal.

Meskipun Misa hari Kamis tidak biasa, hal itu memiliki beberapa preseden: Pada tahun 1802, Paus Pius VII memimpin pemakaman pendahulunya, Pius VI, yang meninggal di pengasingan di Prancis pada tahun 1799 sebagai tawanan Napoleon di St. Peter. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home