Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:19 WIB | Minggu, 27 Desember 2020

Paus Gereja Koptik: Misa Natal di Mesir dengan Peserta Terbatas

Gereja Ortodoks Koptik Mesir merayakan Natal pada 7 Januari.
Pemimpin Gereja Ortodoks Koptik Mesir, Paus Tawadros II. (Foto: dok. Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Kepala Gereja Ortodoks Koptik Mesir, Paus Tawadros II, mengumumkan diadakannya misa Natal di Wadi El-Natron, dengan sejumlah peserta terbatas karena kekhawatiran akan penularan virus corona.

Misa akan diadakan di Biara Anba Bishoy dan hanya sejumlah uskup dan biarawan yang diizinkan untuk hadir.

Pengumuman ini disampaikan beberapa hari setelah Menteri Kesehatan Mesir, Hala Zayed, mengumumkan bahwa Mesir menderita gelombang kedua virus corona.

Gereja Ortodoks Koptik Mesir sebelumnya mengumumkan pembatasan serupa pada pertemuan keagamaan hingga akhir Januari di Kairo dan Alexandria.

Sementara umat Kristen di seluruh dunia merayakan Natal pada 25 Desember, Gereja Koptik Mesir merayakankelahiran Yeus Kristus itu pada 7 Januari, menurut kalender Gereja Ortodoks.

Puasa Sebelum Natal

Di Mesir, menurut Arab News, lebih dari 10 juta orang Kristen tinggal di sana, yang merupakan 10 persen dari seluruh populasi negara itu. Kebanyakan dari mereka adalah warga gereja Koptik Ortodoks, dan merupakan populasi Kristen terbesar di Timur Tengah.

7 Januari adalah harinya

Perayaan Natal bagi orang Kristen Ortodoks lainnya yang diselenggarakan pada 7 Januari adalah di gereja-gereja Ortodoks Rusia dan Serbia.

Beberapa hal yang menarik dari Natal gereja Koptik Mesir adalah adanya figur Baba Noel (Bapak Natal), yaitu Santa Claus versi Koptik. Ada cerita yang mengatakan bahwa Baba Noel menemukan jalan masuk rumah melalui jendela dan meninggalkan beberapa hadiah, seringkali dengan mendapat imbalan camilan Mesir yang disebut "Kahk."

Menjelang hari Natal, umat Kristen Koptik biasanya berpuasa selama 43 hari, menghindari produk makanan yang berasal dari hewan. Periode puasa dimulai 25 November dan berlangsung hingga sehari sebelum Natal.

Bulan sebelum Natal disebut Kiahk, bulan keempat dalam kalender Koptik di mana orang Koptik menyanyikan lagu-lagu pujian khusus atau "lagu Kiahk" pada hari Sabtu malam. Bulan ini memainkan peran penting dalam persiapan orang Koptik untuk menyambut Natal.

Setelah kebaktian Natal pada malam tanggal 7 Januari, orang Koptik berbuka puasa dengan pesta makan daging. Hidangan Koptik favorit selama Natal disebut "fatta", yang terdiri dari nasi, roti, dan daging domba atau daging sapi. (Al Ahram/ Arab News)

Editor : Sabar Subekti

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home