Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:58 WIB | Jumat, 01 Juli 2016

Paus: Idul Fitri Momen Tingkatkan Hubungan Spiritual Kristen-Islam

Paus Fransiskus menyapa kepala Centesimus Annus pro Pontifice Foundation di Vatikan Clementine Hall (Foto: L'Osservatore Romano/CNA)

LONDON, SATUHARAPAN.COM –  Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama Vatikan menerbitkan dokumen tentang pesan Ramadan dan Idul Fitri 1437 H kepada umat Islam di seluruh dunia. Pesan tersebut  berisikan beberapa hal penting, antara lain  agar umat Islam yang menjalankan ibadah puasa mendapatkan pahala yang berlimpah. Vatikan menyampaikan harapan semoga Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat hubungan spiritual antara umat Kristiani dan Islam.

Dalam pesan yang  diberi judul "Christians and Muslims: Beneficieries and Instruments of Divine Mercy", dikemukakan Sekretaris tiga KBRI Tata Suci Vatikan, Sturmius Teofanus Bate, kepada Antara London, Jumat (1/7), pengiriman pesan Ramadan dan Idul Fitri bagi umat Islam merupakan tradisi tahunan bagi Vatikan yang dilakukan setiap tahun selama 43 tahun terakhir.

Melalui pesan yang ditulis Kardinal Jean-Louis Tauran tersebut, Vatikan memberi penekanan pada kesamaan antara Kristiani dan Islam, karena umat Kristiani dan Islam sama-sama mengimani Allah sebagai sosok yang Maha Pengampun dan mengasihi segala makhluk ciptaan-Nya, termasuk manusia.

Pesan Ramadan mengutip pernyataan Paus Fransiskus Jubilee of Mercy adalah momentum untuk saling memaafkan, saling mengampuni, momentum untuk menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh konflik serta momentum yang tepat untuk rekonsiliasi dalam Khotbah Paus Fransiskus tanggal 11 April tahun lalu.

Salah satu poin penting yang digarisbawahi dalam pesan Ramadan tersebut bahwa umat Kristiani dan Islam terpanggil untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, yakni dengan cara mengasihi dan menyayangi satu dengan yang lain.

Dalam hal ini, Vatikan mendorong umat Kristiani dan Islam untuk memberi perhatian terhadap mereka yang kondisinya terpuruk dalam konflik dan peperangan, korban perdagangan manusia, kaum miskin, penderita sakit, korban bencana alam serta pengangguran yang diakibatkan oleh ketidakadilan sosial.

Guna menghadapi berbagai tantangan sosial tersebut, Vatikan mengajak umat Kristiani dan Islam bekerja sama saling membantu sesamanya yang membutuhkan. Kerja sama yang erat antarumat Kristiani dan Islam dalam hal ini dinilai sebagai source of great hope serta perwujudan dari ajaran agama masing-masing.

Kardinal Tauran mengakhiri pesan dengan mengekspresikan doa dan harapannya semoga umat Islam mendapatkan berkah yang berlimpah dan sukacita dalam perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah. (Ant).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home