Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:47 WIB | Senin, 31 Oktober 2016

Pawai Budaya Meriahkan Konas XII JKLPK Indonesia di Samosir

Ilustrasi. Tari tradisional dari Sumatera Utara menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu. (Foto: Dok. Biro Pers dan Media Presiden)

SAMOSIR, SATUHARAPAN.COM – Pawai Budaya Nusantara akan memeriahkan Konsultasi Nasional Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia  (Konas XII JKLPK) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

“Pawai budaya Nusantara (akan digelar) pada Kamis, (3/11) bersama seluruh peserta Konas XII dan Serikat Tani Kabupaten Samosir serta masyarakat Sari Marihit-Sipitudai,” kata  Koordinator Publikasi dan Dokumentasi Konas XII JKLPK, Tongam Panggabean dalam keterangan pers yang diterima satuharapan.com, hari Senin (31/10).

Dia mengatakan  Konsultasi Nasional (Konas) XII berlangsung mulai Kamis (3/11) sampai dengan Sabtu (5/11) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dia memerinci peserta pawai akan mengenakan pakaian adat dan menampilkan indentitas budaya lainnya. Peserta berpawai dengan jalan kaki dari Simpang Empat Gereja Bolon Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pangurura,n melewati Jalan Uskup Sugyo Pranoto, Simpang Tiga, Terminal Pangururan, Jalan Nahum Sitomorang, jalan Pelabuhan, Jalan Putri Lopian dan berakhir di lokasi konsultasi, yakni di Simpang Empat, Gereja Bolon HKBP Sari Marihit-Sipitudai.

“Budaya dan kesenian Batak seperti tortor dan musik serta ulos juga akan ditampilkan bukan hanya pada saat pawai, melainkan juga pada bagian-bagian tertentu dari rangkaian acara hingga penutupan. Hal ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan sekaligus promosi kekayaan adat, tradisi dan kesenian lokal,” kata dia menambahkan.

“Pertemuan nasional tiga tahunan ini merupakan mekanisme rutin organisasi untuk membahas agenda kerja strategis terutama untuk mengevaluasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan penetapan kelompok kerja (Pokja) periode 2016-2019,” kata dia. 

JKLPK merupakan sebuah organisasi yang berdiri pada 1990. Organisasi berbentuk jaringan ini  bekerja secara aktif dalam mewujudnyatakan kesejahteraan sosial, kesetaraan, keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan melalui kegiatan jaringan, advokasi dan assistensi kemanusiaan bagi yang terpinggirkan yang didasari oleh panggilan seperti tertuang dalam Markus 1: 15; Lukas 4:18-21 dan I Korintus 3: 9.

JKLPK  memiliki anggota (partisipan) sebanyak 269 organisasi di seluruh Indonesia. Berdasarkan wilayah kerja, terdiri dari 12 region yakni region Bali, Jokyakarta-Jateng, Jabotabek, Jatim, Kalbar, Kaltengsel, Maluku, NTT, Papua, Papua Barat,  Sulawesi dan Sumatera. “Masing-masing partisipan akan mengutus perwakilannya untuk hadir dalam Konas XII ini,” kata dia.

Setelah pawai budaya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi mengenai revolusi mental (direncanakan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan). Acara dilanjutkan dengan studi tentang tema Konas XII oleh Pdt. Robert Setio yang terambil dari Markus 16:15, setelah itu ada juga seminar  dengan tema “Menjadi alat untuk memberitakan kabar baik bagi semua makhluk agar hidup harmoni, holistik dan damai dalam NKRI” oleh Jhoni Nelson Simanjuntak. Selain itu, unsur pimpinan daerah kabupaten Samosir khususnya bupati dan kantor dinas pariwisata, DPRD Samosir, Kapolres Samosir dan  lembaga terkait lainnya turut diundang dan diagendakan akan hadir dalam acara ini.

Adapun pembahasan agenda kerja strategis terutama Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) periode 2013-2016, menetapkan program kerja periode 2016-2019, penetapan kelompok kerja (Pokja) periode 2016-2019 dan studi wisata akan berlangsung pada Jumat, (4/11) Sementara hari Sabtu (5/11) Konas XII akan ditutup dengan ibadah.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home